Sukses

Food

Resep Nasi Uduk Beras Merah Beserta Rekomendasi Lauknya

0(0)

Waktu Pembuatan40 Menit
Jumlah Porsi1 mangkuk Porsi

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Umumnya nasi uduk dibuat dari beras putih, padahal sebenarnya bisa juga dibuat dengan beras merah, hitam atau cokelat. Jika ingin membuat nasi uduk dengan beras merah karena kebetulan di rumah ada persediaan beras merah, yuk coba resepnya berikut ini.

Bahan:

  • 200 gram beras merah
  • 65 ml santan instan
  • 2 batang serai
  • 1 lembar daun pandan
  • 3 lembar daun salam
  • 1 sdt garam/secukupnya

Cara membuat:

  1. Agar nasi beras merah bisa empuk dan pulen, caranya adalah direndam sebelum dimasak. Setelah beras merah dicuci bersih, rendam dengan air bersih selama 2 jam kemudian dibilas bersih.
  2. Pindahkan beras merah ke dalam rice cooker dengan air secukupnya.
  3. Masukkan santan, serai geprek, daun pandan yang diikat simpul, daun salam dan garam secukupnya. Aduk rata. 
  4. Masak di dalam rice cooker hingga matang. Aduk beras setelah matang agar tidak menggumpal.

Angkat dan nikmati nasi uduk beras merah dengan sayuran, lauk orek tempe, telur dadar, ayam, sambal dan kerupuk.

7 Rekomendasi Lauk yang Cocok Dinikmati dengan Nasi Uduk Beras Merah

Nasi uduk merupakan hidangan tradisional khas Indonesia yang nikmat dan penuh aroma. Tentu ssaja, nasi uduk beras merah akan semakin nikmati jika disajikan dengan lauk yang pas. Penasaran, lauk apa saja yang cocok disajikan dengan nasi uduk beras merah? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Ayam Goreng Tepung

Siapa yang bisa menolak aroma ayam goreng tepung yang gurih dan renyah? Ayam goreng tepung adalah teman setia nasi uduk. Potongan ayam yang digoreng hingga kecokelatan dan diselimuti oleh tepung krispi akan menciptakan perpaduan sempurna dengan nasi uduk yang harum. Sahabat Fimela juga bisa menambahkan bumbu kremes untuk memberikan rasa ekstra.

2. Sambal Goreng Kentang

Sambal goreng kentang adalah lauk khas Indonesia yang gurih dan pedas. Kentang yang dipotong dadu kemudian digoreng bersama dengan sambal pedas, udang, dan telur. Rasanya yang pedas dan gurih akan memberikan kontras yang menyenangkan dengan nasi uduk yang lembut.

 

3. Opor Ayam

Opor ayam adalah lauk khas Jawa yang berbasis santan. Kuah kental dari santan yang diselimuti oleh rempah-rempah tradisional menjadikannya kombinasi yang sempurna dengan nasi uduk. Daging ayam yang empuk dalam opor ayam akan memanjakan lidah.

4. Tempe Goreng

Bagi kamu yang suka hidangan vegetarian, tempe goreng adalah pilihan yang tepat. Tempe yang digoreng hingga kecokelatan dengan taburan garam akan menjadi pendamping yang pas untuk nasi uduk. Tempe juga memberikan rasa gurih yang khas yang akan memperkaya hidangan.

5. Ikan Bakar

Jika Sahabat Fimela suka hidangan laut, ikan bakar adalah pilihan yang sempurna. Ikan yang dibumbui dengan bumbu rempah tradisional dan kemudian dibakar hingga matang akan memberikan rasa yang kuat dan gurih. Ikan bakar juga akan memberikan variasi rasa yang menarik pada hidangan.

Demikianlah beberapa rekomendasi lauk yang cocok untuk nasi uduk. Cobalah variasi lauk-lauk ini untuk membuat hidangan nasi uduk semakin lezat dan istimewa. Selamat menikmati nasi uduk dengan sajian lauk pilihanmu!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading