Sukses

Food

4 Tips Memasak Kikil agar Tidak Lengket dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Kikil punya tekstur kenyal dan rasa yang sangat khas. Diolah dengan racikan bumbu sederhana, kikil sudah bisa jadi sajian yang sedap. Hanya saja kadang masalah yang kerap dialami saat mengolahnya adalah permukaannya yang gampang lengket ketika dioseng.

Kali ini Fimela punya empat tips memasak kikil agar tidak lengket yang bisa dicoba di rumah. Dengan tips-tips sederhana ini kita bisa membuat olahan kikil yang lebih enak. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Kikil Direbus Sampai Empuk

 

Bersihkan dulu kikil dengan air mengalir sampai kotorannya hilang. Lalu, potong-potong. Kemudian didihkan air di panci. Rebus kikil hingga empuk selama sekitar 15 menit. Kikil perlu direbus dulu sampai empuk sebelum diolah atau dibumbui agar teksturnya terjaga. Setelah selesai direbus, kikil bisa langsung ditiriskan.

 

 

2. Gunakan Minyak yang Agak Banyak

Kalau membuat tumisan umumnya minyak yang digunakan sedikit. Namun, kalau akan membuat oseng kikil, gunakan minyak yang agak banyak. Setidaknya sampai seperempat bagian kikil terendam minyak. Jadi, ketika bumbu yang dioseng sudah harum, masukkan kikil rebus. Usahakan kikil sudah dalam keadaan kering setelah ditiriskan agar tidak lengket saat dioseng.

 

 

3. Pakai Wajan Anti Lengket

Cara termudah agar kikil tidak lengket saat dioseng adalah menggunakan wajan anti lengket. Bisa pakai wajan stainless steel juga yang tidak gampang lengket. Proses membuat oseng kikil sebenarnya tidak memakan waktu terlalu lama jika kikil sudah direbus lebih dulu sampai empuk.

 

 

4. Pilih Kikil yang Masih Segar

Usahakan memilih kikil yang masih segar untuk diolah atau dimasak. Biasanya ditandai dengan warna kikil yang cerah agak kekuningan. Teksturnya juga masih kenyal dan tidak berlendir. Serta tidak berbau. Hanya saja hati-hati juga dengan kikil yang warnanya terlalu putih dan pucat karena dikhawatirkan mengandung formalin.

Itu tadi empat tips memasak kikil agar tidak lengket yang bisa dicoba. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading