Sukses

Food

Biar Nggak Mubazir, Begini Cara Menyimpan Stok Makanan Pada Bulan Ramadhan

Fimela.com, Jakarta Nggak terasa Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Nah, di bulan yang penuh berkah ini tentu saja banyak orang yang sudah mulai berbelanja dan menyimpan stok makanan untuk persediaan puasa selama satu bulan. Pasalnya, menerapkan hal ini dapat menghemat waktu sekaligus tenaga selama bulan suci ini berlangsung.  

Namun, menyimpan makanan itu nggak boleh dilakukan dengan sembarangan. Sebab, jika disimpan secara asal-asalan, maka bahan makanan justru bisa cepat rusak dan membusuk. Jika sudah begitu, maka mau nggak mau harus segera dibuang, bukan? Namun, biar stok makanan tersebut bisa awet dan nggak mubazir, maka dibutuhkan pula trik jitu untuk menyimpan makanan yang benar. Apa saja ya kira-kira? 

Pisahkan Makanan Berdasarkan Jenisnya

Beberapa orang terkadang kurang memperhatikan proses penyimpanan makanan dengan benar. Bahkan, di antaranya ada yang sengaja menggabungkan berbagai jenis bahan makanan yang berbeda dalam satu tempat yang sama. Padahal, menerapkan kebiasaan tersebut malah membuat stok makanan mudah rusak dan nggak bertahan lama.

Untuk itu, pisahkan bahan makanan yang ada menggunakan wadah dan tempatkan berdasarkan jenisnya. Jangan lupa pula, bersihkan terlebih dahulu bahan-bahan tersebut, agar kamu nggak perlu repot lagi saat memasak santapan untuk berbuka maupun sahur. 

Gunakan Wadah Tertutup agar Terhindar dari Paparan Bakteri

Menyimpan beragam makanan di dalam wadah tertutup jadi tips selanjutnya yang bisa dilakukan. Gunakan wadah dengan tutup yang rapat agar berbagai bakteri serta kotoran yang ada nggak mengkontaminasi bahan makanan yang disimpan. Hal ini juga wajib diterapkan agar stok makanan tetap terjaga kesegaran dan kualitas baiknya.

Bukan hanya itu, pastikan pula untuk memakai wadah yang bersih dan dalam kondisi baik. Jika ingin menggunakan wadah plastik, sebaiknya pilihlah yang nggak mengandung senyawa BPA alias BPA Free. Sebab, zat ini sendiri memiliki begitu banyak bahaya yang pastinya bikin kesehatan tubuh jadi terancam.

Tata Stok Makanan Dengan Rapi di Dalam Kulkas

Bahan makanan yang busuk ataupun kadaluwarsa kerap kali diakibatkan penataan stok makanan yang kurang baik. Mengapa demikian? Ini karena penataan yang buruk dapat menyebabkan kulkas nggak bisa bekerja secara maksimal. Oleh karena itu, kamu wajib membersihkan dan mengorganisir kembali bahan makanan yang disimpan agar nggak rusak dan terbuang sia-sia.

Untuk bisa terlihat lebih rapi, kamu bisa menyusun stok makanan berdasarkan ukuran dan tingginya. Letakkan bahan makanan yang lebih rendah di bagian paling depan. Ini dilakukan agar bahan-bahan yang memiliki ukuran lebih kecil nggak terhalangi dengan yang punya ukuran lebih besar. Selain itu, pisahkan pula makanan yang punya waktu kadaluwarsa paling singkat dan yang masih lama.

Manfaatkan Kulkas Dua Pintu dengan Kapasitas yang Besar

Salah satu rahasia stok makanan bisa tetap segar adalah pemilihan kulkas yang benar. Untuk urusan ini, maka percayakan saja pada Belleza Jumbo 260 Liter PRW 29MNX dari Polytron. Kulkas ini dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan yang besar, sehingga dapat memudahkan kamu untuk menyimpan banyak stok makanan sekaligus. Pasalnya, ukuran rak dari kulkas dua pintu ini lebih lebar hingga mencapai 58cm. Sehingga, mau diisi dengan makanan apapun pasti cukup dan bahkan bisa menyisakan ruang. Selain itu, ada pula adjustable rack yang mampu membuatmu leluasa dalam mengatur ketinggian antar rak di dalam kulkas. 

Selain itu, Belleza Jumbo 260 Liter PRW 29MNX juga memiliki desain menarik berupa Luxurious Curved-Edge Design. Dengan borderless curved edge yang terbuat dari Tempered Glass Door, kulkas dua pintu dari Polytron ini bisa tahan dari benturan keras serta nggak mudah berkarat. Nggak ketinggalan, ada pula Removable Ice Twist Kompartemen es batu yang dapat dipindahkan dan Hybrid Deodorizer yang mampu menghilangkan bau nggak sedap di dalam kulkas.

Jika kamu ingin tahu informasi lebih lengkap seputar kulkas dua pintu Belleza Jumbo 260 Liter PRW 29MNX ini, maka bisa langsung kunjungi saja website resmi Polytron dan juga official store Polytron di situs e-commerce kesayangan kamu!

What's On Fimela
Loading