Sukses

Food

9 Jenis Kurma yang Paling Populer dan Cocok untuk Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Kurma adalah jenis buah yang banyak dianggap sebagai makanan yang baik karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah yang rasanya manis ini dapat ditemukan terutama di daerah tropis, seperti Arab Saudi, dan tumbuh di pohon palem. Sebagian besar, kurma dijual dalam kondisi kering dengan tampilannya yang berwarna cokelat keemasan.

Ada begitu banyak jenis kurma yang perlu kamu ketahui. Penasaran, apa saja jenisnya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kurma Medjool

Berbagai jenis kurma yang dinikmati karena rasa manis alaminya, dengan rasa yang lebih karamel dibandingkan jenis kurma lainnya yang sebanding dengan Deglet Noor, disebut kurma Medjool. Kurma jenis Medjool juga memiliki buah yang lebih besar dan warna yang lebih gelap. Kurma ini asli dari Maroko tetapi buah ini juga dapat tumbuh di wilayah Timur Tengah, Asia Selatan, Amerika Serikat, dan Afrika Utara.

Karena dijual dalam keadaan kering tetapi tidak mengalami penyusutan, kurma medjool memiliki tekstur yang lembut dan legit. Saat dikeringkan lebih lanjut, kadar gulanya juga meningkat dan memengaruhi tingkat kemanisan yang akan dihasilkan kurma ini.

Makan kurma jenis ini akan menawarkan jumlah serat yang tinggi dan berbagai vitamin dan mineral, seperti Vitamin B6, tembaga, besi, kalium dan magnesium. Kurma ini juga memberikan kandungan kalsium yang lebih tinggi dibandingkan dengan kurma lainnya.

2. Kurma Barhi

Kurma barhi memiliki tekstur yang lembut, kenyal dan buahnya kecil dan bulat. Ini memiliki rasa manis, mirip dengan rasa karamel. Setelah matang, kurma barhi akan berubah menjadi warna kulit coklat. Kurma barhi mengandung vitamin B, serat, potasium, zat besi, flavonoid dan antioksidan.

3. Kurma Deglet Noor

Kurma deglet noor adalah salah satu kurma populer yang diproduksi secara komersial di wilayah Timur Tengah seperti Arab Saudi, tetapi juga populer di Amerika Serikat. Kurma ini memiliki tekstur yang renyah dan legit. Seperti kurma lainnya, jenis ini juga kaya akan vitamin dan mineral penting seperti serat, zat besi, potasium, vitamin B, flavonoid, dan antioksidan.

4. Kurma Sukkari

Menjadi salah satu kurma favorit karena nilai gizinya, manfaat kesehatannya, dan harganya yang murah, kurma ini mungkin termasuk di antara jenis kurma yang tersedia di pasar petani di Arab Saudi. Penampilannya bisa berwarna cokelat keemasan dengan kulit yang layu.

5. Kurma Ajwa

Tumbuh secara eksklusif di Madinah, Arab Saudi, jenis kurma ini tumbuh di pohon palem dan warna kulitnya bisa berkisar dari coklat tua hingga warna hampir hitam. Rasa dan tekstur kurma Ajwa lembut dan buah dengan rasa seperti buah prune. Itu juga memerintah dari berbagai kurma kering.

Meskipun jenis kurma ini sedikit mahal, kurma juga memberikan manfaat nutrisi yang tinggi. Vitamin dan mineral yang ditemukan pada kurma ini meningkatkan kesehatan jantung, tulang, mencegah kerusakan gigi, mengontrol kadar gula darah karena indeks glikemiknya yang rendah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Kurma Amber

Amber adalah jenis buah kurma kering yang lembut dan berdaging, dan merupakan salah satu kurma yang paling terkenal karena ukurannya. Seperti yang mungkin kamu perhatikan, Amber dinamai karena warna kuning dan penampilan kulitnya. Itu disebut Ambar di beberapa bagian dunia.

Kurma amber memiliki rasa manis dan rasa pedas yang ringan hingga sedang. Kurma ini juga digunakan dalam banyak hal seperti perawatan kecantikan, nutrisi, dan penurunan berat badan. Kurma ini menyediakan beberapa nutrisi penting seperti Mangan, Vitamin B6, Asam Folat, Kalsium, Magnesium, Sulfur, Besi, Kalium, dan Fosfor.

7. Kurma Halawy

Varietas ini memiliki tekstur lembut dan memiliki daging yang tebal, kenyal seperti karamel dan rasa manis. Kulit kurma Halawy bisa berkisar dari kuning hingga keemasan dan memiliki penampilan yang keriput. Ini juga merupakan jenis kurma berwarna kuning dengan tampilan yang mirip dengan deglet noor.

Kurma Halawy, atau Halawi, juga merupakan sumber serat yang baik, ditambah lagi mengandung banyak zat besi, vitamin B, asam amino, potasium, flavonoid, dan antioksidan. Kurma jenis ini tersedia di sebagian besar toko dan supermarket.

8. Kurma Zahidi

Kurma zahidi diperkenalkan sekitar tahun 1900-an. Buahnya berukuran sedang, bulat dengan warna daging buah cokelat keemasan saat matang. Seperti jenis kurma lainnya, kurma zahidi juga bergizi karena mengandung zat besi, potasium, vitamin B, flavonoid, antioksidan, dan berbagai variasi asam amino yang berbeda.

9. Kurma Khola

Kurma Khola sangat manis dan lembut, dengan rasa toffee yang hampir seperti sirup. Kulitnya agak tipis tetapi memiliki tekstur yang tidak lengket. Khola paling cocok dipadukan dengan kopi atau teh.

Nah, dari beberapa jenis kurma di atas, mana nih yang menjadi kurma favorit dan paling sering Sahabat Fimela konsumsi?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading