Sukses

Food

4 Tips Menggoreng Cireng agar Tidak Meledak

Fimela.com, Jakarta Cireng memang salah satu camilan paling favorit yang bisa dinikmati kapan saja. Kita pun bisa membuatnya sendiri di rumah karena cara membuatnya cukup mudah. Hanya saja kalau kurang hati-hati, cireng bisa meledak saat digoreng.

Berikut ini ada empat tips menggoreng cireng agar tidak meledak yang bisa diikuti. Dengan memperhatikan cara menguleni adonan hingga menyiapkan minyak, kita bisa lebih tenang dalam menggoreng cireng. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Uleni Sampai Asal Rata Saja

Saat mencampur bahan biang dengan tepung atau dalam proses pengulenan adonan, tak perlu sampai kalis. Cukup uleni sampai asal rata saja. Ketika dibentuk bulat pipih, cireng tak perlu terlalu ditekan atau dipadakan. Kalau bentuk cireng terlalu padat, nantinya saat digoreng bisa rentan meledak.

 

 

2. Bisa Mulai Digoreng saat Minyak Masih Dingin

Cara ini merupakan salah satu cara aman agar cireng tidak meledak saat digoreng. Jadi, ketika cireng sudah selesai dibentuk bisa langsung dimasukkan dalam minyak yang masih dingin. Sebelum kompor dinyalakan, cireng bisa dimasukkan dan ditata dalam minyak di penggorengan. Setelah itu, kompor bisa dinyalakan dan proses penggorengan bisa dilanjutkan dengan api sedang.

 

 

3. Bisa Digoreng dalam Minyak Banyak

Cara ini juga bisa menjadi alternatif lain. Kalau ingin menggoreng cireng saat minyak sudah panas, pastikan minyaknya dalam jumlah banyak sehingga semua bagian cireng bisa terendam. Ketika minyak sudah benar-benar panas, cireng bisa dimasukkan dan digoreng sambil disiram-siram sampai cireng mekar dan garing. Ketika sudah agak kecokelatan, cireng bisa dibalik dan digoreng samapi matang merata.

 

 

4. Gunakan Api Sedang

Cireng biasanya akan meledak ketika sudah kelewat matang dan suhu minyak terlalu panas. Untuk mencegah cireng agar tidak meledak, gunakan api sedang saat menggoreng. Sehingga kita bisa lebih mudah mengontrol tingkat kematangan. Saat sudah mulai mekar, cireng bisa segera diangkat dan ditiriskan.

Itu tadi empat tips menggoreng cireng agar tidak meledak yang bisa langsung dicoba di rumah. Semoga informasinya bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading