Sukses

Food

Olahan Lele yang Naik Kelas dan Modern dari Steak Sampai Breakfast Wrap

Fimela.com, Jakarta Ikan lele terstigma sebagai olahan ala pedangan kaki lima dalam bentuk pecel lele. Hal itu membuat banyak orang menganggap sebelah mata. Apalagi bagi generasi muda yang kini semakin aware dengan gaya hidup sehat. Biasanya salmon dan tuna adalah jenis yang dianggap penuh nutrisi.

Padahal, Indonesia juga punya jenis ikan yang tak kalah kandungan nutrisinya dibanding ikan tersebut. Ya, salah satunya adalah ikan lele. Protein dan vitamin yang tinggi pada ikan lele menjadikan lele sangat baik untuk mencegah terjadinya stunting atau gizi buruk pada anak. Apalagi jika dibandingkan dalam kategori harga, tentunya lele hadir dengan harga yang lebih terjangkau.

Melihat belum ada yang serius dalam membuat olahan lele membuat Yuvik dan Kustri Hidayati menghadirkan merek makanan yang menyajikan berbagai olahan lele bernama “Tatetuten”. keduanya menyajikan beragam olahan ikan lele yang sehat, variatif, dan siap dikonsumsi di rumah.

“Berawal dari pandemi, saat itu saya sering diberi ikan lele oleh sahabat yang hasil kolamnya ikan lelenya tidak laku. Tapi lama-lama bosan juga ya kalau hanya digoreng, akhirnya saya coba-coba untuk buat olahan lainnya. Saat itu saya dan Yuvik coba buat fillet lele bumbu kuning, ternyata hasilnya enak,” ujarnya.

Nugget Lele

Momen keberhasilan membuat olahan tersebut ia bagikan di media sosial dan rupanya mendapat respons baik oleh teman-temannya. Dari situ Kustri dan Yuvik memutuskan untuk menjual olahan ikan lelenya lewat brand Tatetuten.

Berjalan tiga tahun, Tatetuten kini memiliki berbagai olahan lele yang disukai konsumennya. Mulai dari nugget lele, otak-otak, lele fillet cajun, baso lele, lele utuh, hingga lele crispy jadi andalan dari produknya.

Variasi produk yang cukup lengkap ini juga jadi nilai plus bagi Tatetuten. Sehingga lele yang tadinya hanya dianggap sebagai makanan kaki lima, kini bisa “naik kelas”.

Hadir Lewat Olahan Modern

“Kebanyakan pelanggan Tatetuten adalah ibu-ibu muda yang sadar kesehatan. Mereka mulai aware kalau lele juga bisa jadi sumber protein yang nggak kalah dengan salmon. Apalagi kami tidak menggunakan MSG dan pengawet, jadi lebih sehat apalagi untuk anak-anak,” ungkap Kustri.

Hadir dalam bentuk frozen, produknya juga praktis dan sangat sesuai untuk konsumen yang sibuk namun tetap ingin mengonsumsi makanan sehat. 

Lewat unggahan di akun Instagramnya, Kustri juga kerap berbagi tips cara menyajikan produk Tatetuten jadi kreasi makanan yang modern dan menggugah selera. Siapa sangka jika olahan lelenya bisa dipadukan menjadi sushi, steak, bento, breakfast wrap, hingga udon.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading