Sukses

Food

Tips Menyiapkan Sahur yang Lebih Praktis, Nggak Perlu Keburu-buru Lagi

Fimela.com, Jakarta Minggu pertama Ramadan akhirnya berhasil dilewati juga. Bagaimana kabar puasamu hari ini? Nggak hanya fokus menjalani ibadah, biasanya para ibu di rumah juga disibukkan dengan berbagai persiapan, salah satunya adalah menyajikan menu yang tepat untuk sahur dan berbuka keluarga.

Ngaku aja deh, momen sahur jadi salah satu yang cukup menantang. Harus bangun saat dini hari dan waktu yang lebih pendek seringnya bikin para ibu jadi terburu-buru saat menyiapkan masakan untuk keluarganya. Namun, nggak perlu repot lagi. Beberapa trik berikut ini bisa dilakukan untuk mengatur waktu sahur yang lebih praktis dan cepat.

Buat Meal Plan Mingguan

Biar nggak perlu dibuat pusing setiap hari mau menyiapkan menu apa lagi, di sisa Ramadan yang masih cukup panjang ini cobalah untuk membuat meal plan. Misalnya dengan membuat menu selama 1 minggu yang bisa lebih memudahkan ketika akan memasak.

Kalau bosan dengan menu yang itu-itu saja, tandanya kamu wajib melakukan eksplorasi dengan menu masakan sendiri. Cari inspirasi resep sahur praktis yang bisa diolah dengan mudah, jadi nggak perlu berlomba dengan waktu imsak tiba. Misalnya saja masakan yang ditumis atau goreng akan membuat waktu memasak saat sahur lebih singkat.

Siapkan Stok Lauk Setengah Matang yang Mudah Diolah

Saat sedang senggang, nggak ada salahnya mencoba siapkan stok aneka lauk dalam kondisi setengah matang yang disimpan dalam lemari es. Ada banyak inspirasi yang bisa dicoba, misalnya saja adonan perkedel kentang yang tinggal digoreng, homemade nugget, atau ayam ungkep.

Simpan dengan trik yang tepat di lemari es. Nanti saat waktu sahur tiba, kamu cukup menggoreng atau menghangatkannya kembali di microwave sehingga lebih praktis dan nggak memakan waktu.

Simpan Lauk Kering Juga!

Metode yang satu ini bisa jadi pilihan kalau ibu lagi merasa capek untuk memasak di saat sahur. Menyiapkan beberapa macam lauk kering seperti rendang suwir bumbu kering, dendeng, abon, kering kentang, sambal goreng teri, dan lauk kering lainnya bisa jadi pilihan menu sahur instan yang tetap lezat.

Namun, perhatikan tata cara penyimpanannya agar tetap terasa fresh dan tahan lama. Misalnya dengan menyimpan kering tempe atau kering kentang di dalam wadah kedap udara supaya rasanya tetap crunchy saat dinikmati kapan saja.

Masak Menu Berbuka dalam Jumlah yang Cukup Banyak

Kalau nggak mau bolak-balik memasak, trik yang satu ini bisa jadi pilihan untuk membuat persiapan sahur lebih praktis. Saat akan memasak makanan untuk berbuka, coba deh buat dalam porsi yang lebih banyak sehingga cukup dinikmati hingga waktu sahur nanti.

Trik yang satu ini bisa membantu para ibu biar nggak bolak-balik berkutat di dapur dari pagi hingga pagi lagi. Nggak ada salahnya juga menikmati menu yang sama saat sahur dan berbuka karena bisa menghemat waktu, tenaga, dan tentunya biaya kan!

Dengan memahami beberapa tips di atas, semoga bisa membantu kamu dalam menjalani ibadah puasa yang lebih lancar, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading