Sukses

Food

Daftar Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Selama Puasa Ramadan

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Puasa merupakan ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim selama satu bulan penuh di bulan Ramadan. Selama puasa, umat Muslim diwajibkan untuk menahan diri dari makan dan minum mulaifajar terbit hingga matahari terbenam.

Puasa tidak hanya sebagai sarana ibadah, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang besar bagi tubuh manusia. Namun, bagi sebagian orang, puasa dapat menimbulkan masalah kesehatan ketika makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh saat berpuasa.

Di bawah ini adalah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat berpuasa:

1. Gorengan

Makanan yang digoreng seperti gorengan, keripik, kentang goreng, dan makanan cepat saji, sebaiknya dihindari saat berpuasa. Melansir dari Healthline, makanan tersebut memiliki kandungan lemak yang tinggi dan sulit dicerna oleh tubuh. Jika ingin mengonsumsi makanan yang digoreng, sebaiknya pilih makanan yang digoreng dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.

2. Makanan terlalu pedas

Makanan yang terlalu pedas sebaiknya dihindari saat berpuasa. Hal ini dikarenakan makanan yang terlalu pedas dapat menyebabkan mulas dan masalah pencernaan lainnya.

Hindari minum kopi dan teh selama puasa

3. Minuman berkafein

Minuman seperti kopi, teh, dan minuman energi lainnya yang mengandung kafein sebaiknya dihindari saat berpuasa. Kandungan kafein dalam minuman tersebut dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat tubuh kekurangan cairan, sehingga akan memengaruhi kegiatan saat berpuasa. Sebaiknya, minum air putih atau jus buah segar untuk menggantikan cairan yang hilang selama puasa.

4. Makanan atau minuman yang terlalu manis

Makanan yang terlalu manis seperti kue, permen, dan minuman bersoda sebaiknya dihindari saat berpuasa. Melansir  dari Harvard Health Publishing, makanan terlalu manis mengandung banyak gula yang dapat memicu peningkatan kadar gula darah. Sebaiknya, pilih buah-buahan segar atau makanan yang mengandung gula alami seperti madu atau buah kurma.

5. Makanan berlemak

Makanan yang tinggi lemak seperti daging merah, ayam goreng, dan makanan berlemak lainnya sebaiknya dihindari saat berpuasa. Hal ini dikarenakan makanan berlemak dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat tubuh kekurangan cairan. Sebaiknya, pilih makanan yang lebih rendah lemak seperti sayuran dan buah-buahan atau memasak makanan dengan cara direbus atau dibakar.

Makanan dan minuman sehat yang wajib dikonsumsi saat berbuka puasa

Menjaga kesehatan tubuh tetap prima saat berpuasa, bisa dilakukan dengan memperhatikan asupan makanan saat berbuka. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi menjadi penting untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang selama berpuasa.

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan dan minuman sehat yang wajib dikonsumsi saat berbuka puasa.

1.Air putih

Meminum air putih terlebih dahulu saat berbuka puasa sangat penting dilakukan. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan cairan untuk mengembalikan kehilangan cairan selama berpuasa. Dengan mengonsumsi air putih terlebih dahulu juga dapat membantu menghindari dehidrasi dan menjaga kesehatan organ dalam seperti ginjal dan hati.

2. Buah-buahan

Buah-buahan menjadi salah satu pilihan makanan sehat yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain memberikan banyak serat, vitamin dan mineral, buah-buahan juga kaya akan gula alami yang dapat membantu menaikkan kadar gula darah dalam tubuh secara perlahan untuk mengoptimalkan tubuh dari dehidrasi selama berpuasa. Beberapa contoh buah yang dapat dikonsumsi saat berbuka antara lain kurma, pisang, jeruk, mangga, dan apel.

3. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oats, dan roti gandum menjadi pilihan makanan sehat saat berbuka. Dilansir dari Mayo Clinic, karbohidrat kompleks memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat membuat perut terasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, karbohidrat kompleks juga memiliki kadar glukosa yang rendah sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah yang drastis.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading