Sukses

Food

Tips Memasak Ayam Ingkung Empuk dan Bumbunya Meresap

Fimela.com, Jakarta Daging ayam menjadi salah satu bahan makanan favorit hampir semua orang. Bahkan, sejak dulu daging ayam menjadi sajian wajib di acara-acara khusus. Salah satu sajian ayam di acara khusus tersebut adalah ayam ingkung? Gimana, tahu nggak sih apa itu ayam ingkung? 

Ayam ingkung merupakan masakan ayam utuh yang dimasak dengan bumbu rempah komplit. Masakan ini ditambah dengan kuah santan yang kental untuk mencipatkan kelezatan dan tekstur yang makin nendang. Biasanya, ayam yang digunakan sebagai ayam ingkung adalah ayam kampung atau pejantan. 

Karena ayam ingkung dimasak utuh, kita harus pandai-pandai dalam memasaknya. Tentunya, agar sajian ayam ini tetap memiliki tekstur empuk dan bumbu rempahnya meresap hingga ke dalam daging ayam. Kali ini Fimela memiliki beberapa tips untuk memasak ayam ingkung empuk. Apa saja tipsnya? Yuk, simak.

Cara Memasak Ayam Ingkung

Panggang Ayam Sebelum Dimasak

Tips pertama untuk memasak ayam ingkung matang merata, empuk dan enak adalah memanggang ayam. Memanggang ayam bertujuan untuk mematangkan daging ayam. Ini juga bertujuan untuk menghilangkan lemak berlebih dalam daging ayam. Ayam ingkung yang dipanggang lebih dulu, juga memiliki aroma yang lebih sedap. Apalagi jika kamu memanggangnya di atas bara api kayu. 

Ungkep Bersama Bumbu

Tips selanjutnya, ungkep ayam yang sudah dipanggang dengan bumbu. Bumbu ini terdiri dari bumbu opor kuning. Tambahkan juga rempah berupa lengkuas, jahe, daun jeruk, daun salam, kencur pun kunci. Jangan lupa tambahkan garam untuk dapatkan cita rasa yang lebih gurih dan meresap ke dalam daging. 

Pakai Api Kecil yang Stabil

Saat mengungkep daging ayam, gunakan api kecil cenderung sedang yang stabil. Saat mengungkep ini, usahakan untuk menutup panci atau wajan. Ini agar kadar airnya tidak bekurang terlalu banyak.

Tambahkan Santan Saat Daging Sudah Matang dan Ungkep Kembali

Terakhir adalah menambahkan santan. Sebaiknya ini dilakukan saat daging ayam sudah matang dan empuk bersama bumbu rempah. Ungkep lagi beberapa saat hingga santan mengental dan daging ayam ingkung benar-benar empuk. 

Lengkapi Bumbu Kemudian Angkat

Tahap terakhir dalam memasak ayam ingkung adalah, lengkapi bumbu berupa penyedap masakan, daun bawang dan daun seledri. Melengkapi bumbu akan mendapatkan cita rasa ayam ingkung yang lebih sedap. 

Untuk memasak ayam ingkung yang enak dan empuk, kamu cukup menggunakan takaran bumbu rempah yang pas. Kamu juga penting memerhatikan suhu api untuk memasak ayam tersebut. Pemilihan jenis ayam juga tak boleh kelewatan. Sebaiknya pilih ayam kampung yang masih muda, selain lebih cepat empuk, ayam kampung yang masih muda juga lebih lezat dengan warna daging yang putih. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading