Sukses

Food

Diary Fimela: Gelato Sehat dari Kreativitas Seorang Lulusan Teknologi Pangan

Fimela.com, Jakarta Kita semua tahu bahwa makanan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, selain memperhatikan jenis makanan yang kita konsumsi, jumlah kalori yang terkandung dalam setiap makanan juga sangat penting untuk diperhatikan khususnya bagi mereka yang sedang menjalani program diet atau ingin menjaga berat badan.

Dilansir dari Mayo Clinic, kalori merupakan satuan ukuran energi dalam makanan yang dikonsumsi. Setiap jenis makanan memiliki jumlah kalori yang berbeda-beda tergantung pada kandungan nutrisi dan komposisinya.

Salah satu makanan yang memiliki kalori tinggi tetapi disukai oleh banyak orang yaitu es krim. Es krim juga mengandung gula, lemak, dan kalori yang sangat tinggi dalam satu porsi es krim yang cukup besar. 

Sebagai contoh, satu sendok es krim biasanya mengandung sekitar 50-60 kalori, dan satu porsi es krim yang biasa dijual di toko-toko atau restoran dapat mengandung lebih dari 500 kalori. Hal ini tentu akan berdampak pada kenaikan berat badan, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

Namun, tidak semua jenis es krim memiliki kandungan kalori yang tinggi, lho. Archangela Isabel selaku owner Molla Creamery berhasil membuat inovasi terbaru es krim yang rendah kalori dan memiliki kandungan nutrisi yang seimbang.

Didirikan oleh lulusan teknologi pangan

Mollá Creamery didirikan oleh seorang lulusan teknologi pangan bernama Archangela Isabel pada Agustus 2020. Motivasi Abel membuka bisnis es krim rendah kalori muncul karena kegemarannya akan es krim dan ketertarikannya pada bahan-bahan pangan yang sehat.

Sebagai lulusan teknologi pangan, Abel selalu membaca dengan cermat label produk es krim yang ada di pasaran dan mempelajari setiap bahan baku dan efeknya terhadap tubuh manusia. Dari situ, Abel meracik es krim sendiri dan berhasil membuat es krim yang tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

"Sebagai lulusan teknologi pangan, aku punya kebiasaan untuk baca dan pelajari setiap ingredients & nutrition facts dari produk-produk es krim. Ternyata, hampir semua ice cream yang ada di pasaran itu mengandung ingredients yang gak bagus untuk tubuh mulai dari penggunaan lemak nabati, gula dingin/dekstrin, filler, dan sebagainya. Apalagi, melihat kecenderungan masyarakat yang suka banget makan manis-manis. Jujur, aku pun jarang banget beli es krim diluar sana walaupun di diskon murah banget, karena takut sama bahan bakunya & what it will do to my body in the long run. Oleh karena itu, aku turun tangan untuk membuat es krim dengan inovasi terbaru yang pastinya bisa banget dikonsumsi oleh segala jenis umur serta tidak memberikan bikin efek 'sugar rush' atau memicu gula darah naik drastis, seperti es krim pada umumnya." ucap Archangela Isabel.

Di setiap produk es krim yang dibuat, Abel selalu mengutamakan kualitas, rasa, dan nutrisi. Tak hanya itu, setiap produk gelato yang dihasilkan juga selalu dibuat dalam small batch untuk menjaga kualitasnya.

Komposisi Gelato Molla Creamery

Dalam proses pembuatan es krim Mollá Creamery, Abel selalu menggunakan susu sapi rendah lemak (<5%) sebagai bahan utamanya, perisa makanan rendah gula, dan serat pangan tinggi. Selain itu, ia juga tidak memakai bahan pengawet dan pengental buatan, sehingga es krim Mollá Creamery sangat cocok dijadikan sebagai teman nyemil atau dessert yang aman bagi mereka yang sedang diet.

"Mengonsumsi es krim bukan hanya sekadar sebagai camilan manis yang nikmat, tetapi juga harus memperhatikan nutrisi dan kualitas bahan-bahan yang digunakan." ucap Abel.

Mollá Creamery saat ini menawarkan tiga jenis produk utama, yaitu gelato bites, gelato pint, dan gelato cake box. Gelato bites adalah es krim yang dilapisi belgian chocolate yang hadir dengan 8 rasa berbeda di setiap box-nya. Sementara itu, gelato pint dan gelato cake box juga menawarkan 15 rasa yang tersedia, termasuk 8 rasa signature dan 7 rasa seasonal dan special, seperti "S'mores" khusus untuk natal, "Wild Honey Osmanthus" pada saat musim semi, atau rasa kolaborasi dengan brand f&b, seperti Furou dan Krakakoa.

Meskipun saat ini penjualan Mollá Creamery masih full online, pelanggan tetap bisa melakukan pemesanan melalui Tokopedia atau Shopee, serta bisa melakukan booking via Whatsapp untuk request jam dan hari pengiriman. Disamping itu, khusus untuk produk pint, bisa dikirim ke luar kota dengan paxel. 

"Soon kami akan ikut banyak acara offline, jadi jangan lupa follow Instagram kami @molla.creamery supaya mendapatkan info up to date ya!" ujar Abel.

Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan bisa langsung mengunjungi Instagram @molla.creamery , e-commerce (Tokopedia & Shopee) Molla Creamery, dan WhatsApp (082111818967).

 

*Penulis: Amelia Septia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading