Sukses

Food

Resep Sayur Sop Ayam Daun Kale Beserta 5 Manfaatnya

0(0)

Waktu Pembuatan30 Menit
Jumlah Porsi100 gram Porsi

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Kale mungkin sayur yang belum begitu populer seperti sayur kangkung, sawi dan brokoli, tapi punya kandungan nutrisi yang tinggi dengan berbagai manfaaat kesehatan. Sayur kale bisa dimasak rebus, tumis atau bahkan dibuat sop sayur. Jik ingin mengolah sayur kale yang enak aagr tidak membosankan, ini dia cara membuat sop sayur kale.

Bahan:

  • 50 gram daging ayam
  • 3 lembar daun kale
  • 1 buah wortel
  • 1 buah kentang
  • 2 buah sosis
  • 1 batang daun seledri
  • 1 batang daun bawang
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • garam dan kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas dan potong-potong semua sayuran. Cuci bersih.
  2. Rebus air hingga mendidih. Masukkan ayam, jika sudah direbus hingga matang, tiriskan lalu potong-potong dadu. 
  3. Rebus lagi air bersih, jika sudah mendidih, masukkan kentang dan wortel. 
  4. Cincang bawang putih dan merah. Potong-potong daun bawang. Goreng hingga harum dan mulai kecokelatan. Masukkan lada bubuk dan pala bubuk, tumis sebentar hingga wangi, angkat. 
  5. Jika kentang dan wortel sudah setengah matang, masukkan daun kale dan daging ayam. Masak terus hingga semuanya matang. 
  6. Masukkan potongan daun seledri dan sosis. Msak hingga mendidih. Masukkan garam dan kaldu bubuk secukupnya. Tes rasa.
  7. Jika rasa sudah pas, masukkan tumisan bumbu bawang, aduk sebentar, angkat.

Santap sayu sop kale selagi hangat.

5 Manfaat Mengonsumsi Daun Kale Bagi Kesehatan Tubuh

Daun kale adalah salah satu jenis sayuran berdaun hijau yang kaya akan nutrisi. Daun kale dapat diolah menjadi berbagai hidangan enak, misalnya seperti salad, smoothie, sup, atau bahkan menggorengnya untuk camilam sehat. Selain rasanya yang enak dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan, daun kale memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Penasaran, apa saja manfaatnya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Kulit Sehat yang Bersinar

Setiap orang tentu inginkan kulit tetap segar dan bersinar, bukan? Nah, kale adalah sumber vitamin C yang luar biasa. Vitamin C membantu merangsang produksi kolagen, yang diperlukan untuk kulit yang sehat dan kencang. Jadi, jika kamu ingin kulit yang lembut dan bebas kerutan, tambahkan kale dalam menu harianmu.

2. Menjaga Berat Badan

Apakah Sahabat Fimela menghadapi tantangan menurunkan berat badan? Kale adalah pilihan yang tepat. Sayuran ini rendah kalori tetapi kaya serat, sehingga dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Ini berarti kamu akan cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan, yang bisa membantu dalam program diet untuk mencapai berat badan yang ideal.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Masalah kesehatan jantung bukanlah masalah yang hanya perlu dikhawatirkan oleh orang dewasa. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung sejak dini sangat penting. Kale mengandung senyawa yang disebut sulforaphane, yang telah terbukti dapat membantu melindungi jantung kita dari berbagai penyakit jantung.

4. Kaya akan Antioksidan

Antioksidan adalah senjata ampuh melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh kita dan menyebabkan penuaan dini. Kale mengandung berbagai antioksidan, termasuk vitamin A dan K, yang dapat membantu menjaga sel-sel kita tetap sehat dan mencegah penuaan dini.

5. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

alam dunia yang penuh dengan berbagai infeksi dan penyakit, memiliki sistem kekebalan yang kuat adalah hal yang sangat berharga. Kale mengandung vitamin C dan vitamin K yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu, menjadikannya lebih tangguh dalam melawan penyakit.

 

Nah, itu tadi beberapa manfaat yang kita dapatkan saat mengonsumsi daun kale. Semoga informasi ini bermafaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading