Sukses

Food

4 Tips Memasak Mie Sagu agar Tidak Lembek dan Hancur

Fimela.com, Jakarta Mie sagu mungkin lebih terkenal di daerah Riau karena umumnya diolah menjadi Mie Sagu Pontianak, Mie Sagu Riau dan semacamnya. Tapi jika kebetulan menemukannya di pasar, begini cara memasak mie sagu agar tetap bisa menikmatinya dengan kualitas terbaik.

1. Tidak pelu direbus

Mie sagu akan melunak jika terkena air, tapi tidak harus direbus. Sebelum dimasak, cukup rendam mie sagu dengan air dingin atau hangat. Diamkan beberapa saat, setelah mie sagu mengembang dan melunak, tiriskan dan bisa langsung dimasak. Jangan direndam terlalu lama atau menggunakan air panas, karena akan terlalu lembek.

2. Rendam dengan bumbu

Jika ingin mengolah mie sagu sebagai mie goreng, paling enak jika merendam dahulu bumbu dengan beberapa saus yang digunakan untuk membuat mie goreng, misalnya direndam dengan kecap manis, kecap asin, saus sambal, saus tiram dan semacamnya. Setelah direndam dengan air hingga mengembang, tiriskan dari airnya. Lalu rendam mie sagu dengan bumbu selama 5 menit, sambil menunggu bahan dan bumbu mentah lain dimasak. Ini akan membuat mie lebih gurih karena bumbu lebih meresap, dibandingkan jika langsung dimasak di wajan.

3. Masukkan di tahap akhir pemasakan

Siapkan semua bumbu dan bahan lain yang akan dijadikan campuran, seperti sayuran, telur, sosis dan daging. Tumis bumbu hingga matang, kemudian masukkan semua bahan lain, lanjutkan menumis hingga matang. Kemudian barulah masukkan mie sagu, aduk rata dengan bumbu dan bahan yang sudah matang. Ini dilakukan agar tekstur mie sagu tidak terlalu lembek atau hancur.

4. Jangan dimasak terlalu lama

Hindari sering mengaduk dan memasak mie sagu terlalu lama karena akan hancur dan kurang enak saat disantap. Begitu tercampur dengan bumbunya, langsung angkat dan sajikan. APalagi jika memasaknya dalam keadaan basah, pastikan semua bumbu sudah matang terlebih dahulu sebelum memasukkan mie sagu yang sudah basah.

Itu dia beberapa tips memasak mie sagu agar bisa menikmatinya.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading