Sukses

Food

Tips Memasak Ketupat agar Cepat Matang dan Hemat Gas

Fimela.com, Jakarta Proses membuat ketupat bisa memakan waktu yang cukup lama. Bisa berjam-jam agar ketupat empuk dan matang sempurna. Hal ini memang kadang cukup bikin kita jadi malas membuat ketupat sendiri di rumah.

Akan tetapi, jangan hilang semangat dulu. Ada tips mudah yang bisa dicoba untuk membuat ketupat yang lebih hemat gas. Butuh waktu sekitar 45 menit saja untuk membuat ketupat sampai matang. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Siapkan Kulit Ketupat, Beras, dan Air

Siapkan semua bahan-bahannya. Kulit ketupat dari janur, beras berkualitas baik, dan air secukupnya perlu disiapkan dengan baik. Beras perlu dicuci lebih dulu sebelum dimasukkan ke dalam kulit ketupat.

2. Isi Kulit Ketupat dengan Beras

Isi kulit ketupat dengan beras sampai setengah penuh. Lakukan sampai semua bahan habis.

 

 

3. Didihkan Air dalam Panci Besar

Siapkan panci besar. Isi air, lalu rebus sampai mendidih. Setelah air mendidih, masukkan ketupat. Ketupat yang dimasukkan harus dalam keadaan terendam air sepenuhnya.

4. Masak dengan Api Besar Selama 10 Menit

Setelah ketupat dimasukkan ke dalam panci, tutup panci dan masak dengan api besar selama 10 menit. Setelah 10 menit, matikan api.

5. Diamkan Ketupat dalam Panci selama 30 Menit

Setelah api dimatikan, biarkan ketupat di dalam panci selama 30 menit. Tutup pancinya jangan dibuka tutup. Setelah 30 menit, buka tutup panci. Tambahkan air secukupnya sampai ketupat kembali terendam semuanya.

6. Rebus Kembali Selama 15 Menit

Nyalakan kembali apinya, rebus ketupat selama sekitar 15 menit dengan api sedang. Setelah ketupat matang, matikan kompor. Keluarkan ketupat dari panci, lalu tiriskan dan angin-anginkan. Ketupat siap disajikan.

Itu tadi tips mudah agar ketupat cepat matang dan hemat gas. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading