Sukses

Food

Tips Menyimpan Ayam Goreng Agar Tahan Lebih Lama

Fimela.com, Jakarta Ayam goreng menjadi salah satu makanan yang disukai oleh hampir semua orang. Ayam goreng disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Dibandingkan dengan makanan lain, ayam goreng menjadi daftar makanan favorit teratas. Ada beragam ayam goreng yang biasa kita sajikan. Mulai dari ayam goreng bumbu ungkep, ayam goreng tepung hingga ayam goreng bumbu madu. 

Ayam goreng juga menjadi makanan yang bisa disimpan dalam waktu cukup lama. Tapi, kira-kira berapa lama ayam goreng bisa disimpan agar tidak mengurangi kelezatan serta nutrisinya?

Batas Penyimpanan Ayam Goreng

Dalam suhu ruang, ayam goreng bisa tahan selama satu hari satu malam. Meski begitu, ayam goreng yang disimpan dalam waktu ini cenderung menjadi lebih lembek dan tak sesegar sesaat setelah digoreng. 

Untuk ayam goreng yang disimpan di lemari es bagian luar, ayam goreng bisa tahan selama 3 hari. Sebaiknya kita tidak menyimpan ayam goreng lebih dari 3 hari. Hal ini karena ayam goreng rentan berubah rasa, tekstur bahkan warna. Beberapa penelitian bahkan menyebut jika ayam goreng yang disimpan terlalu lama bersama bahan makanan lain, rentan terkontaminasi oleh bakteri serta kuman. Apalagi jika wadah untuk menyimpannya ala kadarnya atau tidak tertutup rapat serta higienis. 

Jika ingin menyimpan ayam goreng hingga waktu satu minggu, sebaiknya simpan ayam goreng di dalam freezer. Dengan catatan, ayam goreng ditempatkan di wadah kedap udara yang bersih dan terpisah dengan bahan makanan lain.

Tips Menyimpan Ayam Goreng di Lemari Es

Berikut beberapa tips yang penting diperhatikan sebelum menyimpan ayam goreng di lemari es agar tahan lama. 

  • Sebelum menyimpan ayam goreng di lemari es, pastikan ayam telah dingin. Menyimpan ayam yang masih dalam keadaan hangat atau panas, rentan membuat kualitas ayam goreng menurun. 
  • Tempatkan ayam goreng di wadah yang bersih dan kedap udara. Kamu bisa memasukkan ke dalam plastik atau ke kotak makanan tertentu. 
  • Pastikan ayam goreng disimpan di wadah terpisah dari bahan makanan lain. Hindarkan ayam goreng dari bahan makanan yang berbau menyengat seperti terasi, kopi, petai atau bahan makanan lain dengan bumbu melimpah. 
  • Atur suhu lemari es kurang dari 5 derajat celcius. Ini akan membantu menjaga kualitas dan rasa ayam. 

Itulah sekilas mengenai menyimpan ayam goreng agar tahan lama. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba. Agar ayam goreng lebih lezat saat keluar dari lemari es, sebaiknya hangatlah lagi ayam goreng dengan memasukkan ke dalam microwave. Atau kamu bisa menunggu ayam goreng hingga mencapai suhu ruang. Hindari menggoreng kembali ayam goreng saat masih beku atau dingin. Dikhawatirkan hal ini bisa merubah rasa serta kualitas ayam goreng.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading