Sukses

Food

5 Makanan yang Sebaiknya Tak Dipanaskan di Microwave

Fimela.com, Jakarta Bagi banyak orang, microwave menjadi alat dapur yang begitu diandalkan. Selain lebih praktis, microwave memungkinkan seseorang memanaskan makanan dengan proses yang lebih singkat, mudah dan higienis.  Tak hanya untuk memanaskan makanan, microwave juga sering digunakan untuk membuat beraneka ragam masakan dan camilan dalam waktu singkat. 

Banyak orang yang merasa sangat terbantu dengan hadirnya microwave. Meski begitu, tahukah kamu jika tidak sembarang makanan boleh dipanaskan di microwave. Mengutip dari laman bestlifeonline.com, beberapa makanan rentan menjadi beracun ketika dipanaskan di microwave. Adapun makanan tersebut antara lain sebagai berikut:

Daging Olahan

Daging olahan seperti sosis dan kornet, apalagi yang masih beku dan baru keluar dari freezer, jangan dipanaskan di microwave. Kenapa? Daging olahan rentan mengalami peningkatan kolesterol secara signifikan saat dipanaskan kembali. Ini juga rentan membuat cita rasa makanan ini berubah secara drastis.

Daging Ayam Beku

Protein hewani beku termasuk daging ayam, ini sebaiknya juga tidak dipanaskan kembali di microwave. Dikhawatirkan, ini bisa membuat bakteri dalam protein hewani tetap bertahan di dalamnya. Bakteri yang tetap bertahan ini, akan sangat tidak baik buat kesehatan.

Makanan Pedas

Aneka makanan pedas termasuk cabai dan bubuk lada, sebaiknya tak dipanaskan di microwave. Zat capsaicin pada cabai, akan terlepas ke udara saat dipanaskan. Ini bisa membuatmu rentan batuk dan tersedak saat membuka microwave bahkan setelah makanan pedas tersebut keluar dari microwave.

Telur Rebus

Siapa yang suka dengan telur rebus? Sebaiknya, telur rebus tak pernah dipanaskan di dalam microwave. Baik untuk telur rebus yang telah dikupas atau belum, hindari memanaskan lagi di microwave. Ini bisa menyebabkan timbulnya uap dan memungkinkan telur meledak selama dipanaskan.

Kentang

Memanaskan kentang berulang kali di dalam microwave, memicu pertumbuhan bakteri dan zat berbahaya di dalamnya. Ini tentunya sangat tidak baik buat kesehatan. 

Itulah sekian makanan yang sebaiknya tak dipanaskan kembali di microwave. Selain mengubah cita rasa makanan, memanaskan makanan ini di microwave rentan membuatnya berbahaya atau beracun buat tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading