Sukses

Food

5 Tips Goreng Ayam Tepung Crispy yang Matang Hingga ke Dalam

Fimela.com, Jakarta Terkadang orang merasa kesal ketika membeli ayam goreng krispi yang ternyata bagian dalamnya masih merah, dagingnya masih basah dan bahkan masih mengeluarkan darah. Pasti selera makan akan langsung hilang. Meskipun tampaknya ayam goreng crispy matang dari luar, memang sudah menentukan apakah bagian terdalamnya sudah matang. Jika ingin ayam goreng yang bagian dalamnya matang hingga ke dalam, ini dia tips yang bisa diikuti.

1. Sayat-sayat dagingnya

Ayam yang sudah dipotong-potong, dicuci bersih lalu sayat-sayat. Perkirakan apakah potongan ayamnya terlalu tebal. Sayatan pada daging ayam memungkinkan minyak masuk ke dalam sehingga bisa memasak daging bagian dalam. Menyayat daging ayam hingga bagian terdalam juga membantu membuat bumbu meresap lebih baik.

2. Campurkan tepung terigu dan beras

Jika ingin teksturnya lebih keras dan renyah, buat adonan tepung basah dengan campuran tepung terigu dan tepung beras. Buat dengan proporsi 4:0,5, 4 untuk tepung terigu dan 0,5 untuk tepung beras. Misalnya untuk 400 gram tepung terigu, masukkan 50 gram tepung beras. Campurkan dengan air secukupnya hingga tekstur adonannya kental. Celupkan ke dalam adonan dan marinasi agar bumbunya meresap.

3. Gunakan tepung basah dan kering

Buat dua adonan tepung jika ingin ayam tepung teksturnya krispi renyah. Gunakan adonan tepung terigu basah dan siapkan tepung terigu untuk pelapis. Balurkan tepung kering sambil sesekali ditekan dan dicubit agar bisa menghasilkan tekstur krispi setelah digoreng.

4. Goreng dua kali

Setelah penggorengan pertama, tiriskan selama 5 menit. Lalu goreng lagi untuk kedua kalinya. Penggorengan dengan teknik dua kali ini bisa mengurangi kandungan air di dalam daging ayam sekaligus membuat ayam crispy lebih renyah dan kering tahan lama. Menggoreng ayam dua kali juga bisa mematangkan daging ayam bagian dalamnya. Pastikan menggoreng dengan api sedang atau kecil agar tidak gampang gosong bagian luarnya.

5. Gunakan banyak minyak untuk menggoreng

Jika ingin menggoreng ayam tepung crispy yang renyah, kuncinya adalah menggoreng dalam minyak yang banyak sehingga yam goreng tenggelam. Masukkan ketika minyak sudah panas karena cenderung menyerap minyak jika dimasukkan sebelum panas.

Itu dia sekian tips goreng ayam tepung crispy yang matang hingga ke dalam. Semoga bermanfaat.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading