Sukses

Food

Berapa Lama Daging Ayam Boleh Disimpan di Freezer? Cek di Sini

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia bahkan dunia, daging ayam menjadi salah satu bahan makanan yang cukup digemari. Selain cita rasanya yang lezat, mudah cara pengolahannya dan memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh, daging ayam memiliki daya tahan simpan yang cukup lama. 

Mengutip dari laman healthline.com, daging ayam yang disimpan di dalam freezer bahkan bisa bertahan hingga berhari-hari. Tapi, kura-kira seberapa lama ayam boleh disimpan di freezer?

Daya Tahan Daging Ayam

Untukmu yang ingin daging ayam tahan lama atau lebih awet, para ahli menyarankan agar daging ayam di simpan di freezer dengan suhu di bawah -20 derajat celcius. Ketika daging ayam disimpan di bawah titik beku di dalam freezer, ini bisa menjaga ketahanannya hingga satu tahun. Dengan catatan, daging ayam diletakkan di wadah kedap udara sebelum masuk freezer. Daging ayam sebaiknya juga disimpan terpisah dari bahan makanan lain. 

Untuk daging ayam yang disimpan di freezer dengan suhu 0 - 5 derajat celcius, ini akan mengawetkannya maksimal selama 48 jam. Sementara daging ayam yang disimpan di atas suhu 5 derajat celcius, ini hanya bisa membuatnya tahan simpan maksimal selama 24 jam. Menyimpan daging ayam di atas suhu 5 derajat celcius, dipercaya tak cukup rendah untuk menghambat perkembangan mikroba dan bakteri tertentu. 

Tips Menyimpan Daging Ayam

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menyimpan daging ayam. Tips ini bantu menjaga kualitas daging ayam tetap baik, sekaligus membuat daya simpannya bisa jauh lebih lama. Simak tipsnya berikut ini.

  • Jangan mencuci daging ayam sebelum disimpan. Mencuci daging ayam dikhawatirkan akan menyebarluaskan bakteri dan kuman di dalamnya. Apalagi untuk daging ayam yang hendak disimpan, mencucinya memungkinkan membuat kadar air dalam daging berlebih. Alhasil, kualitas daging ayam akan menurun nantinya.
  • Tempatkan di wadah tertutup sebelum disimpan. Pastikan juga agar wadah bersih dan kering. 
  • Simpan daging ayam di bawah suhu 5 derajat celcius. Ini akan membantu daging ayam lebih awet dan memungkinkan bakteri serta mikroba terhambat untuk tumbuh dan berkembang. 
  • Simpan di freezer agar tahan lebih lama. Menyimpan daging ayam di freezer, akan membuatnya tahan berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Sementara menyimpan di rak kulkas, hanya akan membuat daging ayam tahan maksimal 2 - 3 hari. 

Itulah sekilas mengenai penyimpanan daging ayam. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading