Sukses

Food

5 Cara Memasak Gurita agar Empuk dan Enak tanpa Panci Presto

Fimela.com, Jakarta Pasti banyak yang menyangka jika gurita sama dengan cumi-cumi. Padahal keduanya berbeda, gurita memiliki tentakel yang panjang. Dan gurita tidak memiliki tulang, karena tubuhnya terdiri dari otot.

Tak hanya memiliki rasa yang enak, gurita juga kaya akan nutrisi penting bagi tubuh. Mulai dariĀ  protein, omega-3, selenium, vitamin B12, serat, kalium, magnesium, kalsium, dan karbohidrat. Nutrisi ini membuat tubuh terhindar dari risiko stroke dan menjaga kesehatan jantung.

Di balik nikmatnya rasa gurita dan kandungan nutrisinya yang melimpah tak banyak orang memahami bagaimana mengolah gurita ini. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pilih Gurita yang Segar

Hal pertama yang perlu diperhatikan pastikan kamu memilih gurita yang segar. Jika salah memilih gurita, akan menyebabkan bau anyir dan amis. Rasa dari gurita pun berubah. Pilihan gurita yang tepat akan memengaruhi tekstur daging gurita. Bersihkan gurita sampai bersih hingga kotorannya hilang.

Rebus di Air Mendidih

Untuk mendapatkan gurita yang empuk dan lembut, pastikan kamu merebus gurita di air mendidih. Jadi, didihkan air dahulu baru masukkan gurita yang sudah dibersihkan. Lalu, rebus gurita hingga air mendidih. Baru angkat lalu tiriskan. Kamu akan mendapatkan tekstur gurita yang diinginkan.

Tambahkan Cuka

Cara ketiga untuk mendapatkan tektur gurita yang lembut dan tidak alot adalah dengan menambahkan cuka. Tambahkan cuka di air rebusan untuk merebus gurita. Masak hingga matang. Kandungan asem asetat pada cuka dapat membantu memecah jaringan tentakel pada gurita sehingga dagingnya lebih lembut.

Gunakan Susu Murni

Tak hanya untuk diminum, susu murni juga dapat membantu proses memasak gurita agar lebih mudah. Caranya, rendam gurita yang akan dimasak dalam susu murni. Diamkan selama semalam. Lalu masak seperti biasa.

Masak dengan Api Kecil

Salah satu teknik memasak gurita yang sangat penting adalah penggunaan api. Masak gurita dengan api kecil dan perlahan. Memasak gurita dengan api besar dan cepat dapat menyebabkan daging gurita menjadi alot.

Sahabat Fimela demikian 5 cara untuk memasak gurita agar enak dan lembut. Kini daging gurita pun siap dimasak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading