Sukses

Food

Cara Mengolah Telur Menjadi Makanan yang Enak dan Berbeda, Sangat Mudah untuk Diikuti Lho!

Fimela.com, Jakarta Punya banyak nutrisi dan harganya yang terjangkau, membuat telur menjadi salah satu bahan makanan andalan sehari-hari. Untuk mendapatkannya pun terbilang sangat gampang. Sebab, telur kini telah tersedia di banyak tempat, mulai dari warung kecil, pasar tradisional, supermarket, dan bahkan toko online sekalipun. 

Penyajian telur sebenarnya ada bermacam-macam. Ada yang dimasak dengan cara direbus. Ada pula yang digoreng, seperti telur orek, telur ceplok, dan telur dadar. Tapi, pernah nggak sih kamu merasa bosan dengan masakan telur yang itu-itu saja? Jika iya, coba disimak cara mengolah telur yang satu ini. Karena selain menghasilkan hidangan yang enak, cara memasaknya pun juga mudah untuk ditiru. Apa saja, ya?

Telur Dadar Gulung ala Korea atau Gyeran Mari

Bagi para pencinta drama Korea, pasti sudah nggak asing lagi bukan dengan olahan telur yang satu ini? Yup, apalagi kalau bukan Gyeran Mari alias telur dadar gulung ala Korea. 

Telur dadar yang ini beda ya dibandingkan telur dadar pada umumnya. Sebab, di dalam telur dadar gulung ala Korea ini terdapat isian yang cukup banyak dan bervariasi. Untuk kamu yang penasaran tentang cara membuatnya, simak dulu yuk step by step berikut ini.

Bahan-Bahan:

3 butir telur (bisa telur ayam atau telur bebek)

1/2 sdt garam

1/4 sdt merica bubuk

1/4 sdt kaldu jamur, bisa diganti keju

2 batang daun prei, dirajang halus

1 buah wortel potong kotak-kotak kecil, bisa direbus terlebih dahulu

1 buah sosis ayam/sapi, potong kotak-kotak kecil

1 buah tomat ukuran kecil, buang bijinya dan iris kotak

Cara Membuat:

1. Siapkan bahan dan kocok telur bersama garam dan penyedap.

2. Panaskan teflon dengan api kecil, beri minyak goreng sedikit saja. Masukkan 1/4 adonan telur kocok. Ratakan membentuk lingkaran dengan cara memutar teflon. Taburkan wortel dan sedikit bawang prei. Gulung telur setelah bagian bawahnya mulai kokoh (jangan terlalu kering). Gunakan bantuan 2 spatula kayu saat menggulung supaya telur tidak robek.

3. Bawa gulungan telur tadi ke pinggir teflon, kemudian tuang kembali adonan telur kocok. Taburi sosis dan bawang prei. Gulungkan telur gulung pertama, lakukan searah agar hasil lebih rapi.

4. Pinggirkan lagi gulungan telur. Tuang kembali adonan telur kocok. Taburi dengan tomat dan bawang prei. Gulung lagi telurnya dan sisihkan di pinggir. Tuang adonan kocokan telur terakhir dan gulung lagi.

5. Balik telur hingga semua permukaannya agak kecoklatan dan matang merata.

6. Setelah dingin, potong telur dan sajikan.

Clouds Egg atau Telur Awan

Mau upgrade cara memasak telur biar nggak ngebosenin? Clouds egg atau telur awan bisa banget menjadi jawabannya. Hidangan ini sendiri merupakan telur mata sapi dengan sedikit modifikasi biar lebih level up. Bentuknya yang cantik, teksturnya yang lembut, serta rasanya yang enak dijamin akan bisa memuaskanmu. Intip cara membuatnya, yuk!

Bahan-Bahan:

3 butir telur ayam, pisahkan bagian kuning dan putihnya

1/3 sdt garam

1/3 sdt bawang putih bubuk

1/3 sdt lada bubuk

margarin untuk olesan

Oregano

Cara Membuat:

1. Kocok putih telur dengan garam, bawang putih bubuk, dan lada bubuk dengan mixer sampai putih dan kaku.

2. Panaskan oven.

3. Siapkan loyang. Olesi dengan margarin.

4. Tata putih telur (seperti telur mata sapi) dengan membuat bagian tengahnya cekung.

5. Letakkan kuning telur di tengah bagian putih telur.

6. Taburi dengan garam dan oregano.

7. Panggang dalam oven selama kurang lebih 10 menit (atau sesuai selera sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan).

Shakshuka

Shakshouka atau shakshuka merupakan olahan telur yang berasal dari wilayah Timur Tengah. Hidangan ini menjadi salah menu sarapan yang sangat populer di sana, karena memiliki cita rasa sedap dan yang kaya rempah. Berikut cara mudah membuat shakshuka yang bisa ditiru.

Bahan-Bahan:

1 sendok makan minyak zaitun

1 cangkir paprika merah potong panjang

1 cangkir paprika hijau potong panjang

2 cangkir irisan vertikal bawang merah

1/4 sendok teh garam

2 siung bawang putih, cincang

1/2 cangkir saus tomat

4 butir telur besar

2 cangkir beras merah dimasak

1/4 cangkir daun basil (atau kemangi) segar 

2 sendok makan keju feta

Cara Membuat: 

1. Panaskan 1 wajan anti lengket di atas api sedang.

2. Tambahkan minyak ke dalam wajan.Tambahkan paprika, bawang, dan garam, masak 5 menit, aduk sesekali. Tambahkan bawang putih, masak 30 detik. tambahkan saus tomat. Didihkan, kecilkan api, tutup dan didihkan 5 menit. 

3. Bentuk 4 (sekitar 2 inci) lekukan dalam saus dengan menggunakan punggung sendok. Pecahkan telur, masukkan ke dalam  mangkuk kecil, dan dengan lembut masuk ke setiap lekukan. Tutup dan masak 6 menit atau sampai telur matang.

4. Masak nasi, hidangkan Shakshuka di atas nasi panas, beri taburan keju dan kemangi.

Chicken Egg Roll

Olahan telur yang dicampur dengan ayam ini juga bisa kamu buat sendiri di rumah. Dengan tekstur krispi di luar dan lembut di dalam, pastinya mampu membuat siapapun jadi tergoda akan nikmatnya menu chicken egg roll. Apalagi rasanya juga enak banget dan cocok disantap saat sedang bersantai maupun dijadikan lauk bersama nasi. Bagi yang penasaran, begini cara membuatnya.

Bahan-Bahan:

500 gr ayam cincang

2 butir telur

4 siung bawang putih, haluskan

1 sdm kecap asin

1 sdm minyak wijen

1 sdm tepung maizena

1 sdt gula pasir

1/2 sdt garam

1/2 sdt lada bubuk

Bahan-Bahan kulit:

150 ml air

2 butir telur kuning telur

3 butir telur utuh

4 sdm tepung terigu

1 sdm tepung maizena

1 sdm margarin, cairkan

Cara Membuat:

1. Campurkan semua bahan kulit, aduk rata dan encer. Panaskan teflon dan tuang secukupnya. Tipis saja, jangan terlalu tebal. Setelah bisa dikelupas, tanda sudah matang, angkat. Lakukan hingga habis.

2. Campur semua bahan isian, ambil kulit dan isi secukupnya, gulung kulit. Lakukan hingga habis.

3. Kukus selama 15 menit, angkat dan biarkan dingin. Potong-potong.

4. Siapkan 1 sdm tepung terigu, balurkan sedikit terigu pada egg roll dan goreng hingga matang kecokelatan.

Itulah beberapa resep olahan telur yang bisa kamu tiru. Nah, untuk memasak berbagai hidangan telur seperti di atas, tentunya kamu juga akan membutuhkan wajan atau teflon berkualitas baik dan bisa awet, bukan? Untuk itu, carilah wajan atau teflon yang benar-benar bisa mendukung aktivitas memasak sehari-hari. Misalnya saja wajan atau teflon dengan kemampuan anti lengket, anti gores, dan terbuat dari material yang aman bagi tubuh. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading