Sukses

Food

Chef Jenny Alumni MasterChef Indonesia Season 8, Bagikan Tips Mengolah Hingga Menyimpan Keju dengan Benar

Fimela.com, Jakarta Walaupun keju bukan makanan asli Indonesia, namun keju merupakan bahan makanan yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Sebab, keju sudah di konsumsi bersama makanan sehari-hari, misalnya tambahan untuk telor dadar, martabak, jasuke dan banyak menu makanan lain. 

Selain rasanya enak, keju juga bernutrisi dan dapat dikonsumsi sebagai pengganti susu. Chef Jenny alumni MasterChef Indonesia season 8. yang masuk hingga babak 6 besar, pun menyampaikan jika keju makanan bule tidak berjarak dengan kuliner Nusantara. Salah satu caranya, mengolah masakan yang disesuaikan dengan lidah Indonesia, misal, ayam geprek. 

“Contohnya ayam geprek dengan topping keju yang meleleh akan menambahkan cita rasa tersendiri. Memadukannya jenis keju yang sesuai dengan makanan yang cocok dan akan menambah kelezatannya,” ujar Pemilik nama asli Jenny Hendrawati dalam acara MEG Cheese Day 2023Perayaan Hari Keju & 10 Tahun MEG Cheese di Indonesia.

Pemilik bisnis Manna Healthy Bakery dan Cafe di Bandung, ini juga mengatakan keju bisa dikombinasikan dengan kreasi roti dan cake karena akan lebih spesial bila diberi keju. Chef Jenny mencontohkan, misalkan bolu jadul keju dipadukan dengan keju cheddar, roti manis dengan topping keju yang meleleh akan terasa lebih enak, donut dan martabak makin lezat bila ditambah keju parut. 

“Makanan yang penting pakai keju pastinya roti-roti akan sangat menarik ditambahkan keju dan bolu juga sama. Lalu camilan seperti martabak dan juga topping macaroni schotel, pastel tutup dan dessert yang dingin enak sekali juga jika pakai keju,” tambahnya.

Salah kaprah mengolah dan mengkombinasikan keju

Chef Jenny menjelaskan, salah kaprah yang kerap ditemui terkait keju yakni tidak mengolah dan mengombinasikan keju sesuai fungsi. 

“Misalnya, untuk bikin burger keju, yang cocok cheddar lembaran atau cheddar melt. Bukan cream cheese atau keju blok cheddar yang diparut,” paparnya. 

Ia menyampaikan, maka penting untuk mengetahui jenis keju sesuai fungsinya sehingga bisa meraba dan mengolah juga mengkombinasikannya dengan makanan dengan baik.

“Favorite saya adalah keju yang meleleh untuk MEG cheese aku suka sekali MEG cheddar melt karena memberikan texture yang lembut ketika dimakan dam meleleh ketika panas. Dan m sangat suka dengan keju cheddar cream karena gurih dan juga ngeju sekali,” ungkapnya. 

President Director PT. Megmilk Snowbrand Indonesia - Bpk Thomas Agus Pamudji menyampaikan Meg keju serbaguna cocok untuk semua jenis menu dan rasanya pas untuk lidah orang Indonesia.

“Untuk merayakan ulang tahun yang ke-10, MEG Cheese memiliki tagline #BisaJadiApaAja untuk mendukung setiap orang, termasuk pelaku usaha kuliner untuk terus berkreasi, lebih percaya diri dalam mewujudkan mimpi. Acara Meg Cheese Day 2023 merupakan “permulaan” karena ke depannya bakal ada banyak aktivitas MEG Cheese lainnya yang lebih seru dan bermanfaat bagi pelaku usaha kuliner dan konsumen Indonesia,” katanya

Tips menyimpan Keju

Chef Jenny menyampaikan cara menyimpan keju dengan menggunakan kertas roti terlebih dahulu lalu lapisi dengan alumunium foil. Bisa juga plastik wrap atau wadah tertutup seperti kontainer makanan. Disimpan di chiller lemari pendingin. 

Untuk keju yang punya texture creamy seperti creamcheese setelah dibuka lipat bukaan plastiknya sampai menutup lalu simpan di kontainer makanan. 

“Dalam membungkus keju, harus satu per satu dianjurkan tidak mencampurkan berbagai keju ke dalam satu bungkus dan jangan pula campurkan keju yang dibuka pada tanggal berbeda,” paparnya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading