Sukses

Food

Tips Mudah Memasak Terong Agar Tidak Berubah Warna

Fimela.com, Jakarta Terong menjadi salah satu bahan makanan yang cukup favorit di kalangan masyarakat. Teksturnya yang empuk, ditambah aromanya yang khas, membuat terong memiliki tempat tersendiri di hati penikmatnya. 

Bicara mengenai terong, pernah kamu mendapati terong yang dimasak berubah warna Sahabat Fimela? Keadaan seperti ini cukup menjengkelkan bukan? Terlebih lagi, jika kita hendak memasaknya untuk orang-orang tercinta dan keluarga besar. Warna makanan yang tak lagi cantik, tidak jarang membuat selera makan menurun. Dan ini juga berlaku pada terong yang berubah warna saat dimasak. 

Ketika terong dimasak dengan cara yang kurang tepat, ini bisa membuat warnanya jadi lebih gelap. Lantas, bagaimana kira-kira tips memasak terong agar tetap tampak segar dan tidak berubah warna? Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

Pilih Terong yang Masih Segar

Ada banyak jenis terong yang bisa kita olah menjadi masakan lezat. Dari semua jenis terong yang ada, semuanya rentan berubah warna saat dimasak. Semuanya juga rentan tampak layu karena cara memasak yang kurang tepat. 

Agar warna terong tak berubah, pastikan untuk memilih terong yang masih segar. Apapun jenis terongnya, selama itu masih segar, muda dan bekualita, itu akan lebih mudah untuk diolah. Itu juga lebih rendah risiko berubah warna saat dimasak. 

Rendam dengan Air Sesaat Setelah Dipotong

Sebelum memotong terong, pastikan untuk menyiapkan wadah yang berisi air. Sesaat setelah terong dikupas dan dipotong, segera masukkan ke wadah berisi air. Cara ini akan membuat terong tetap segar dan tak berubah warna.

Rebus atau Goreng Terong Sebelum Dimasak

Rebus atau goreng dahulu terong yang hendak dimasak. Rebus terong ke dalam air yang sudah mendidih. Begitupun dengan menggoreng terong, masukkan terong ke dalam wajan saat minyak sudah benar-benar panas. Cara in akan mempertahankan warna terong tetap segar dan menarik. 

Masak Bersama Bumbu Matang

Untuk memasak terong, gunakan bumbu yang sudah dimatangkan sebelumnya. Bumbu ini bisa dimatangkan dengan cara direbus atau digoreng terlebih dulu sebelum dihaluskan. Cara ini akan membantu terong matang lebih cepat, bumbu matang sempurna dan terong tidak hancur. Ketika ingin memasak terong, sebaiknya masak sebentar saja. Memasaknya dalam waktu yang sebentar, sudah cukup bisa membuat terong matang secara sempurna. 

Itulah sekian tips memasak terong agar tidak berubah warna. Well, mulai sekarang tak alasan untuk malas memasak terong karena takut warnanya berubah setelah dimasak. Semoga tips ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading