Sukses

Food

Tips Agar Kentang Goreng Tidak Lembek dan Awet Renyah

Fimela.com, Jakarta Kentang goreng menjadi camilan yang disukai oleh hampir semua orang. Anak-anak hingga orang dewasa, tidak mudah untuk menolak kelezatan dari kentang goreng. Terlebih lagi, jika kentang goreng tersebut memiliki tekstur yang renyah, kriuk-kriuk dan kering. Sayang, saat membuat kentang goreng di rumah, sering kali kita mendapati kentang goreng mudah lembek dan basah. 

Untuk mendapatkan kentang goreng yang tidak lembek, ada beberapa hal yang sangat penting diperhatikan. Hal ini bahkan dimulai sejak kita membeli dan memilih kentang yang akan digoreng. Berikut beberapa tips yang penting diperhatikan agar kentang goreng tidak lembek dan awet renyah.

Pemilihan Kentang

Tips pertama yang paling penting adalah pemilihan kentang. Pilih kentang dengan ukuran besar dan mulus. Kentang yang berkualitas bagus, akan menghasilkan kentang goreng yang lebih mantap pun sedap. Pilih kentang yang permukaannya bagus, tidak busuk, tidak bertunas dan tidak bopeng. Semakin bagus kualitas kentang yang kamu gunakan, semakin baik kualitas kentang goreng yang dihasilkan. 

Rendam Air Dingin

Setelah kentang dikupas dan dipotong panjang, rendam kentang di dalam air dingin atau air es. Cara ini bermanfaat menjaga tekstur kentang yang padat dan lebih renyah saat diolah. Tak perlu waktu lama untuk merendamnya, cukup selama 30 sampai 60 menit. 

Rebus Kentang

Cara selanjutnya adalah rebus kentang dengan air mendidih. Cukup rebus selama 30 menit sampai kentang matang dan cukup empuk. Setelah itu, angkat dan tiriskan kentang goreng. Siram lagi dengan air dingin dan biarkan beberapa saat agar kandungan airnya berkurang banyak. 

Balut dengan Adonan Tepung

Balut kentang yang telah direbus dengan bumbu tepung. Sebaiknya gunakan tepung maizena untuk dapatkan tekstur kentang yang lebih renyah. Tambahkan garam halus, lada bubuk, kaldu jamur penyedap dan bawang putih bubuk secukupnya, untuk dapatkan cita rasa kentang yang makin menggugah selera.

Goreng dengan Minyak Banyak

Saat menggoreng kentang, pastikan menggunakan minyak yang banyak. Usahakan agar kentang terendam sempurna ke dalam minyak goreng. Masukkan kentang saat minyak sudah benar-benar panas. Sesekali bolak-balik kentang agar matang secara merata. Segera angkat dan tiriskan kentang. 

Simpan di Freezer

Untuk kentang yang sudah dibumbui dan belum sempat digoreng, sebaiknya simpan di wadah tertutup lalu masukkan ke freezer. Hal ini akan membuat kentang tahan lebih lama. Namun ingat, saat ingin menggoreng kembali sisa kentang ini, biarkan kentang di suhu ruang selama beberapa waktu agar kentang tidak basah dan menggumpal. Balut lagi dengan adonan tepung sebelum menggorengnya. 

Itulah sekian tips menggoreng kentang agar tidak lembek dan tahan lebih lama. Semoga tips ini bermanfaat dan jangan ragu untuk buat kentang goreng enak seperti di restoran.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading