Sukses

Food

Resep Camilan Tradisional: Kue Pukis yang Hangat dan Nikmat

0(0)

Waktu Pembuatan90 Menit
Jumlah Porsi1 Porsi

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Ketika berbicara tentang cemilan tradisional yang hangat dan nikmat, kue pukis adalah salah satu yang tidak boleh dilewatkan. Kue pukis adalah sejenis kue lezat berbentuk bulat dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis. 

Biasanya disajikan dalam kondisi hangat dan seringkali diisi dengan selai kacang atau keju. Jika ingin mencoba membuat kue pukis di rumah, berikut adalah resep yang dapat diikuti.

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • 250 gram tepung terigu serbaguna
  • 50 gram tepung beras
  • 200 ml santan kental
  • 150 gram gula pasir
  • 4 butir telur
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • Mentega atau minyak

Langkah-langkah Pembuatan

  1. Pertama, siapkan loyang kue pukis yang biasanya terbuat dari bahan logam dengan beberapa rongga bulat kecil. Lumuri rongga-rongga tersebut dengan mentega atau minyak agar kue tidak lengket saat dipanggang.
  2. Dalam sebuah mangkuk, campurkan tepung terigu, tepung beras, ragi instan, baking powder, gula pasir, vanili bubuk, dan garam. Aduk rata hingga semua bahan tercampur secara merata.
  3. Selanjutnya, pecahkan telur ke dalam mangkuk terpisah. Kocok telur hingga lepas dan tambahkan santan kental. Aduk rata hingga tercampur sempurna.
  4. Tuangkan campuran telur dan santan ke dalam mangkuk dengan campuran tepung. Aduk dengan whisk atau spatula hingga semua bahan tercampur menjadi adonan yang lembut dan tanpa gumpalan.
  5. Diamkan adonan selama kurang lebih 30-60 menit untuk memberikan waktu bagi ragi untuk bereaksi dan mengembangkan tekstur yang lembut.
  6. Setelah adonan didiamkan, panaskan loyang kue pukis di atas api kompor dengan api kecil hingga loyang terasa panas. Pastikan setiap rongga loyang terkena panas dengan merata.
  7. Setelah loyang cukup panas, tuang adonan kue pukis ke setiap rongga hingga penuh, namun jangan terlalu penuh agar adonan bisa mengembang saat dipanggang.
  8. Tutup loyang kue pukis dengan penutup atau wajan besar. Panggang dengan api kecil hingga bagian bawah kue berwarna kecoklatan. Kemudian, balik kue menggunakan sumpit atau tusuk gigi dan panggang sisi lainnya hingga matang sempurna.
  9. Angkat kue pukis dari loyang dan letakkan di atas rak pendingin. Biarkan kue agak dingin sejenak sebelum disajikan.

Kue pukis siap disajikan! Nikmati kelezatan kue pukis yang lembut dan manis bersama dengan secangkir teh atau kopi kesukaanmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil membuat kue pukis yang lezat di rumah!

 

Penulis: Audi Regita Salsabila

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading