Sukses

Food

5 Tips agar Nasi Goreng Enak ala Abang-Abang Pinggir Jalan

Fimela.com, Jakarta Terkadang kita akan merasakan perbedaan antara rasa nasi goreng yang kita buat di rumah dengan nasi goreng yang dijual abang-abang pinggir jalan atau gerobakan. Seringkali nasi goreng yang dijual di luar lebih enak dan gurih dibanding yang biasa kita buat sendiri di rumah, sebenarnya apa rahasia nasi goreng bisa jadi enak? Ternyata ini beberapa tips agar nasi goreng enak dan rasanya bikin nagih.

1. Bikin bumbu dasarnya

Tidak banyak yang tahu kalau nasi goreng yang enak, terutama yang dijual abang-abang pinggir jalan biasanya memiliki racikan bumbu dasar khusus. Bumbu inilah yang tidak didapat jika memasak nasi goreng rumahan. Jika ingin rasa nasi goreng enak, haluskan bawang putih, bawang merah, beberapa butir kemiri sangrai, ebi kering sangrai dan bawang goreng. Tumis hingga matang, angkat dan jadikan stok bumbu dasar nasi goreng.

2. Tambahkan lauk

Lauk di sini maksudnya bisa telur, sosis, bakso, daging ayam, daging sapi atau udang untuk menambah rasa gurih pada nasi goreng. Salah satu rahasia nasi goreng yang enak ada pada penambahan lauk atau protein hewani, dan terkadang sayurannya. Tanpa tambahan ini, rasa nasi goreng cenderung hambar dan kurang nikmat.

3. Tambahkan mentega atau margarin

Saat mengoseng bumbu, beberapa orang akan menambahkan margarin atau mentega agar rasa nasi goreng jadi lebih gurih dan wangi. Penambahan ini tidak perlu terlalu banyak, cukup satu sendok teh untuk 2 porsi nasi goreng, atau tergantung berapa banyak porsi nasi goreng yang sedang kamu masak. Jika ingin membuat nasi goreng jawa, tambahkan sedikit terasi daripada mentega/margarin karena rasa dan aroma gurihnya bisa sangat berbeda.

4. Saus khusus

Banyak abang-abang atau restoran mengandalkan rasa yang enak pada nasi goreng dari beberapa jenis saus, misalnya saus raja rasa, saus inggris, saus tomat kemasan yang dijual di pasar, atau saus tiram. Tergantung ingin membuat nasi goreng yang seperti apa, berbeda bahan dan asal nasi goreng, bisa berbeda penggunaan sausnya.

5. Dioseng berulang kali

Kunci kenikmatan nasi goreng juga terletak pada osengan yang dilakukan berulang kali sehingga panasnya merata, bumbu meresap dan nasi tidak saling menempel. Teknik mengoseng ini perlu latihan sehingga bisa menciptakan rasa gurih smoky yang ada pada nasi goreng yang enak. Gunakan pula wajan yang tidak mudah lengket.

Itu dia sekian tips agar nasi goreng enak dan rasanya bikin nagih.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading