Sukses

Food

5 Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing sebelum Diolah

Fimela.com, Jakarta Daging kambing memang punya bau atau aroma yang khas bahkan lebih tajam dari daging sapi. Ragam sajian dan menu lezat bisa dibuat dari daging kambing. Hanya saja kadang yang bikin olahannya kurang sedap adalah karena bau prengus yang terlalu kuat.

Agar daging kambing tidak bau prengus ada sejumlah cara yang bisa dicoba. Seperti cara-cara berikut ini. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Langsung Direbus tanpa Dicuci

Kalau mau membuat olahan daging kambing yang direbus lebih dulu, tak perlu mencuci daging yang akan diolah. Cukup seka kotoran dan sisa darah dengan tisu dapur. Lalu rebus dalam air mendidih. Jika ada sisa kotoran yang mengapung, bisa langsung dibuang. Air rebusan bisa diganti dengan air baru bila ingin membuat olahan berkuah.

 

 

2. Gunakan Nanas Muda Parut

Siapkan nanas muda parut. Lalu, baluri daging kambing dengan nanas muda parut. Diamkan selama beberapa saat sebelum diolah atau dimasak. Daging yang dibaluri nanas muda ini akan lebih empuk dan bebas bau. Kandungan asam dari buah nanas bisa mempercepat proses pengempukan daging kambing juga.

 

 

3. Gunakan Garam

Cara yang satu ini sangat simpel. Daging kambing yang akan diolah bisa dibaluri garam hingga merata. Diamkan lebih dulu selama sekitar satu jam. Setelah itu daging bisa diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Tips ini sangat efektif digunakan saat daging kambing yang akan kita olah telanjur dicuci. Jadi, agar bau prengusnya bisa berkurang bisa ditaburi garam lebih dulu.

 

 

4. Pakai Daun Pepaya

Daging kambing segar bisa langsung dibungkus dengan daun pepaya. Daun pepaya memiliki kandungan enzim yang bisa membantu menetralkan bau daging kambing. Tal hanya itu saja, daging yang dibungkus daun pepaya bisa memiliki tekstur yang lebih lembut dan tidak alot.

 

 

5. Pakai Bumbu Aromatik dan Sedikit Baking Soda

Lengkuas, jahe, serai, daun jeruk, daun salam, asam jawa, dan sedikit baking soda bisa ditambahkan dalam rebusan daging. Pertama-tama, rebus daging kambing dengan air biasa sampai mendidih. Kemudian buang air rebusan. Lalu ganti dengan air baru dan tambahan semua bahan aromatik serta sedikit baking soda. Rebus kembali hingga mendidih. Lalu 5 menit kemudian, matikan kompor. Tutup panci. Diamkan daging dalam air rebusan selama 30 menit, lalu rebus kembali selama 7 menit.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau prengus daging kambing. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading