Sukses

Food

Kisah di Balik Susu Pisang Korea yang Mendunia, Ternyata Berawal dari Masalah Gizi

Fimela.com, Jakarta Perkembangan Korean wave atau hallyu telah banyak tersebar di penjuru dunia, termasuk Indonesia. Mengutip riset yang dilakukan oleh Snapcart pada tahun 2022 lalu, 85 persen responden asal Indonesia mengaku menikmati kebudayaan dan hiburan asal Korea. 

Hal ini termasuk mempengaruhi minat masyarakat akan konsumsi produk Korea, termasuk makanan dan minuman yang kerap muncul di film/drama Korea favorit.

Kalau dari makanan ada kimchi, dari sisi minuman ada susu pisang Korea yang saat ini tengah viral dan hangat dibicarakan. Tak sekedar karena rasanya yang lezat, ada cerita tersendiri di balik popularitas susu pisang di Korea Selatan.

Sudah Ada Sejak 1974

Melansir Allkpop, susu rasa  pisang sudah diproduksi  di Korea Selatan mulai tahun 1974. Susu pisang pertama kali diproduksi oleh perusahaan bernama Binggrae yang terkenal akan produk snack, olahan susu, dan fermentasi.

Awalnya, perusahaan Binggrae memproduksi susu pisang karena masalah kekurangan gizi yang melanda Korea Selatan pasca perang. Saat itu, Pemerintah Korea Selatan juga mendorong warganya untuk minum banyak susu.

Ketika pertama kali diluncurkan, susu pisang langsung dicintai warga Korea Selatan. Mengingat buah pisang yang sangat langka dan mahal di Korea Selatan karena adanya pembatasan impor.

Dengan adanya susu pisang mereka bisa mencicipi rasanya tanpa label mahal. Harganya yang masuk akal juga memenuhi tujuan pemerintah untuk membuat masyarakatnya minum susu. 

Turut Populer di Mancanegara

Seiring dengan demam Korea di mancanegara, susu pisang pun ikut populer, termasuk di Indonesia. Saat ini untuk membeli Banana Milk, kamu tidak perlu datang langsung ke Korea, kini hadir beragam jenis susu pisang di pasaran. Salah satunya ICHITAN Korean Banana Milk.

Sebagai sebuah produsen minuman ready to milk yang telah dikenal akan berbagai minuman populer sebelumnya, ICHITAN menghadirkan produk terbarunya dalam dua opsi rasa yang creamy dan fruity. Yaitu minuman rasa susu Korean banana “ICHITAN Korean Banana Milk” dan minuman rasa susu Korean strawberry “ICHITAN Korean Strawberry Milk”. Kedua rasa ini pun dipilih karena mewakili dua rasa populer susu Korea umumnya.

ICHITAN Korean milk ini menjadi susu Korea pertama di Indonesia yang disajikan dalam bentuk botol polyethylene terephthalate (PET). Penyajian seperti ini membuat pengalaman minum yang lebih praktis, dapat langsung diteguk, dan sesuai dengan kebiasaan masyarakat Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading