Sukses

Food

5 Tips agar Minyak Goreng Tetap Jernih

Fimela.com, Jakarta Salah satu bahan utama yang digunakan dalam memasak adalah minyak. Pernahkah kamu memperhatikan sisa-sisa yang tertinggal dari masakan setiap kali dibuat? Sisa-sisa masakan ini bisa berupa bahan makanan, sisa adonan atau kulit makanan yang mungkin sudah kamu goreng. 

Sebelum kamu menggunakan kembali minyak goreng yang sudah dipakai, sangat penting untuk kamu menghilangkan terlebih dulu sisa-sisa makanan kecil yang terdapat didalam minyak. Dilansir dari food.ndtv (6/7) berikut ini adalah tips untuk membuat minyak gorengmu tetap jernih. Simak penjelasannya.

Gunakan tepung Maizena

Selain digunakan untuk membuat aneka kue, ternyata tepung maizena dapat membantu membuat minyak goreng tetap bersih. Panaskan campuran minyak dan tepung maizena dengan api kecil, hati-hati jangan sampai mendidih. Aduk kedua bahan tadi dengan spatula tahan panas. Campuran bahan tepung maizena akan mengeras dalam waktu 10 menit, setelah itu saring. Minyak goreng siap kamu gunakan kembali.

Jauhkan dari area panas

Selesai memasak ada baiknya kamu meletakkan minyak goreng jauh dari area panas seperti kompor. Minyak akan terkena panas sekunder dari masakan lain yang tersisa di kompor, hal ini akan membuat minyak menjadi kotor. Sebagai gantinya kamu dapat meletakkan minyak di dalam lemari es dan gunakan setelah minyak mengeras.

Pakai lemon

Selain bermanfaat untuk tubuh, lemon juga dapat memberikan manfaat untuk minyak agar tetap bersih. Panaskan minyak dalam panci kecil. Lalu ambil irisan lemon dan masukkan ke dalam minyak. Sisa-sisa makanan yang berwarna kehitaman dalam minyak akan menempel pada lemon. Jika sudah angkat potongan lemon dan minyak dapat kamu gunakan kembali. 

Simpan minyak di tempan yang bersih

Minyak juga dapat dibagi berdasarkan cara penyimpanan. Simpan minyak di tempat yang jauh dari cahaya, kelembapan, dan panas untuk menjaga kondisi minyak tetap ideal. Panas dan cahaya dapat merusak minyak lebih lanjut.

Saring menggunakan saringan

Sebelum saring minyak goreng, pastikan minyak benar-benar dingin setelah itu kamu dapat menyaring minyak menggunakan saringan halus, tisur dapur, kain tipis, atau saringan kopi kertas. Tujuan menyaring minyak ini adalah untuk membuang sisa gorengan yang tertinggal di dalam minyak. Sisa gorengan ini dapat menyebabkan minyak gosong saat kamu gunakan kembali, jadi singkirkan secepat mungkin.

Sahabat Fimela, demikian 5 tips yang dapat kamu lakukan untuk membuat minyak goreng tetap jernih. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading