Sukses

Food

6 Tips Buat Brownies Panggang Empuk Lembut dan Tidak Bantat

Fimela.com, Jakarta Membuat kue bolu macam brownies bisa gampang-gampang susah untuk pemula. Akan selalu ada tantangan yang dialami orang yang belajar membuat kue brownies, salah satunya adalah tekstur padat bantet dan kurang wangi. Perlu belajar lebih sering agar pemula bisa tahu kesalahan baking kue. Agar tak perlu selalu mengalaminya, kita juga bisa belajar sejak awal tips apa saja yang perlu diketahui agar brownies panggang bisa lembut ngeprul dan wangi. Ini beberapa tips yang bisa disimak.

1. Pilih bahan berkualitas baik

Pastikan menggunakan bahan-bahan kue yang baru sebelum membuat brownies, karena misalnya menggunakan tepung atau cokelat lama, bisa jadi aromanya tengik dan tidak bisa mengembang. Hal paling penting lainnya adalah memilih bahan yang berkualitas baik, bukan hanya baru tapi juga berkualitas terbaik sehingga hasil brownies bisa maksimal enaknya.

2. Ikuti takaran resep

Jika ada resep yang ingin dicoba, sebaiknya jangan mengubah-ubah takaran. Semisal ingin mengganti atau mengubahnya, pastikan kamu sudah dalam level lebih dari pemula sehingga bisa memperkirakan apa yang bisa diganti, ditambah atau dikurangi. Kalau masih mencoba-coba, lebih baik ikuti takaran bahan, lama pengadukan adonan, dan hal-hal detail apa yang perlu diperhatikan, misalnya mengayak tepung dahulu sebelum dicampur ke bahan cair agar hasilnya lembut.

3. Gunakan bahan suhu ruang

Sering diingatkan oleh banyak baker bahwa salah satu hal yang harus dipastikan sebelum membuat brownies adalah menjaga semua bahan makanan suhu ruang. Bahan-bahan seperti telur dari kulkas, tepung dari lemari dan cokelat leleh yang baru diangkat, seringkali memiliki suhu yang berbeda-beda. Jika langsung dicampur jadi satu, brownies cenderung gagal. Suhu sangat berpengaruh pada hasil brownies nantinya. Jadi untuk lebih amannya, pastikan dulu semua bahan berada pada suhu ruang.

4. Jangan diaduk berlebihan

Beberapa resep menganjurkan adonan agar tidak diaduk berlebihan atau overmix, karena ternyata bisa menurunkan efek mengembang pada adonan dan jadinya bantet setelah dipanggang. Akan lebih baik jika diaduk menggunakan tangan dibanding mixer untuk mencegah overmix saat menggunakan mixer. Umumnya adonan brownies diaduk cukup hingga tercampur rata saja, tidak perlu diaduk hingga sangat lembut.

5. Panaskan oven sebelum memanggang

Bagi pemula, mungkin sering melakukan kesalahan ini, yaitu memasukkan loyang adonan brownies ke dalam oven yang masih dingin. Ternyata penting sekali memanaskan oven dahulu sebelum memanggang brownies, tujuannya memberikan lingkungan suhu panas yang tepat sehingga tidak mengubah-ubah konsistensi adonan yang akan dipanggang. Jadi pastikan memanaskan oven 10 menit atau lebih untuk mempersiapkan oven sebelum memanggang brownies.

6. Tunggu dingin sebelum dipotong

Setelah brownies matang, jangan langsung dikeluarkan dari loyang karena biasanya masih basah bagian dalamnya sehingga mudah hancur. Diamkan dulu hingga dingin kemudian keluarkan dari loyang. Pastikan juga sudah melapisi loyang dengan kertas roti atau mentega agar brownies mudah dikeluarkan dari loyang. Potong-potong setelah brownies dingin dan siap dinikmati.

Itu dia tips buat brownies panggang agar ngeprul lembut dan tidak bantat.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading