Sukses

Food

5 Sayur yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi salah satu momen yang paling mengesankan buat setiap perempuan. Saat hamil, perempuan dituntut lebih bijak dalam menjaga kehamilannya. Ia harus mengelola emosi dengan baik, menghindari stres, menjaga pola makan dan memiliki istirahat cukup. Ibu hamil tak boleh makan sembarangan. Bahkan untuk beberapa sayuran, tidak semua sayur bisa dikonsumsi olehnya. 

Mengutip dari laman prevention.com, inilah beberapa sayuran yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Mengonsumsi sayuran ini, dikhawatirkan bisa memicu beragam masalah pada Mom maupun janin di kandungan. 

Tauge Mentah

Pada dasarnya tauge menjadi sayuran yang sangat sehat dan kaya nutrisi di dalamnya. Tapi, mengonsumsi tauge mentah bagi ibu hamil sangat tidak disarankan. Tauge mentah dikhawatirkan mengandung bakteri dan kuman yang bisa berdampak buruk untuk tumbuh kembang janin. Adapun bakteri yang mungkin terdapat pada tauge mentah antaranya salmonela dan escherichia coli.

Pare

Sayur pare dikenal sebagai sayuran yang memiliki cita rasa pahit. Meski begitu, sayur ini bisa diolah menjadi beragam masalah lezat. Di balik kelezatan pare, ibu hamil tak diperbolehkan untuk mengonsumsinya. Studi menemukan jika pare bisa meningkatkan risiko kontraksi dini pada rahim hingga keguguran. 

Daun Pepaya Muda

Sama seperti pare, daun pepaya muda adalah sayuran dengan cita rasa pahit segar. Ini juga sebagai sayuran yang tidak direkomendasikan untuk hamil. Sayuran ini dipercaya mengandung zat aktif yang berbahaya bagi rahim dan kelanjutan kehamilan.

Sayur Pepaya Muda

Sama seperti daun pepaya muda, sayur dari buah pepaya muda juga tidak boleh dikonsumsi saat hamil. Sayur ini mengandung getah yang berbahaya buat rahim dan janin. Konsumsi sayur pepaya muda dan olahannya akan meningkatkan risiko persalinan dini hingga keguguran.

Lalapan Mentah

Makan ayam goreng atau ikan goreng memang cocok dengan sayur lalapan mentah dan sambal. Tapi, ibu hamil sebaiknya tak mengonsumsi sayur lalapan mentah. Dikhawatirkan, sayur lalapan mengandung bakteri atau kuman yang berbahaya buat kehamilan. Apalagi jika sayuran ini tidak dicuci hingga benar-benar bersih sebelumnya. Akan sangat baik jika sayur lalapan dikonsumsi dalam keadaan matang dengan cara direbus atau dikukus dulu. 

Itulah sekian sayur yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading