Sukses

Food

5 Cara Membuat Mie Agar Tidak Lembek dan Lengket

Fimela.com, Jakarta Mie menjadi salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi beragam masakan lezat pun menggugah selera. Mie bisa diolah menjadi aneka makanan kesukaan. Sayangnya, memasak mie tak bisa dilakukan dengan mudahnya. Cara membuat mie yang tidak tepat, bisa membuat mie rentan lembek, lengket bahkan menggumpal saat dimasak. Ini tak hanya berlaku pada mie instan, ini juga berlaku pada mie basah buatan sendiri. 

Buat kamu yang suka dengan mie dan ingin membuat menu masakan dari mie sendiri di rumah, kamu harus memperhatikan banyak hal. Ini adalah cara membuat mie agar tidak lembek dan lengket.

Gunakan Mie Kualitas Baik

Sebaiknya gunakan mie dengan kualitas baik untuk dapatkan masakan mie yang lezat dan kenyal. Beberapa jenis mie akan tetap kenyal dan tak terlalu lembek saat dimasak. Untuk mie basah, mie yang masih berkualitas bagus warnanya kuning atau putih cerah, tekturnya kenyal dan nampak mengkilap segar.

Masukkan Mie ke Dalam Air yang Sudah Mendidih

Untuk menghindari risiko mie lembek atau lengket, masukkan atau masak mie ke dalam air yang mendidih. Air mendidih akan membuat mie lebih cepat matang tanpa membuatnya lembek atau lengket. Ini juga memungkinkan mie tampak mengesankan setelah diangkat dan ditiriskan

Tambahkan Minyak

Saat merebus mie, tambahkan sedikit minyak ke dalamnya. Penambahan minyak ini berfungsi membuat mie lebih mengkilap dan menarik hati. Ini juga membuat mie tidak lengket satu sama lain atau menggumpal. 

Siram dengan Air Dingin

Untuk mie yang sudah diangkat dari panci perebusan, segera tiriskan dan siram dengan air dingin. Jika mie ingin segera dikonsumsi, siram dengan air matang yang dingin. Tapi jika mie akan dimasak lagi, kamu bisa menggunakan air yang masih mentah. Menyiram mie ini bermanfaat membuat tekstur mie tetap kenyal. Ini mengurangi risiko mie lembek atau pun lengket.

Segera Urai Setelah Direbus

Segera urai mie setelah direbus. Kamu bisa memanfaatkan garpu atau supit untuk mengurai mie. Mengurai mie sendiri selain mencegah mie lembek, ini juga mencegah mie lengket dan menggumpal satu sama lain. 

Itulah sekian cara mudah membuat mie agar tidak lembek dan lengket. Semoga cara ini bermanfaat dan selamat mencobanya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading