Sukses

Food

6 Tips Sukses Membuat Brownies Kukus Ngeprul Lembut dan Tidak Seret

Fimela.com, Jakarta Membuat brownies kukus yang lembut, ngeprul dan tidak seret tentu disukai banyak orang. Tidak harus beli di luar jika ingin menikmatinya, karena sebenarnya kita bisa membuatnya sendiri di rumah jika mengikuti sekian tips sukses membuat brownies kukus berikut ini.

1. Pilih kualitas Telur Terbaik

Pastikan menggunakan telur kualitas terbaik, baru dan segar. Telur yang digunakan bisa berupa telur kampung atau telur ayam negeri. Kualitas telur berpengaruh besar pada tekstur brownies sehingga membuatnya mengembang dan lembut. Perhatikan juga selama mengocok telur, ikuti resep yang ada.

2. Sesuaikan suhu cokelat cair

Setelah mencairkan cokelat batangan, diamkan sejaenak hingga suhu ruangan sebelum menyampurkannya dengan adonan. Jangan langsung dituang selagi masih panas agar tidak merusak adonan. Pastikan juga menggunakan cokelat kualitas baik karena akan berpengaruh pada aroma, rasa dan kelembutan brownies.

3. Hindari mengubah bahan

Jika mengikuti resep tertentu, sebisa mungkin ikuti bahan beserta langkah pembuatannya dengan baik. Sebisa mungkin jangan mengubah resep misalnya mengganti bahan yang ada, menambahkan bahan yang tidak perlu dan semacamnya, jika masih pemula. Jika dirasa sudah cukup berpengalaman dalam membuat brownies, boleh saja memodifikasi.

4. Penambahan minyak

Terkadang orang tidak menyadari bahwa membuat brownies ternyata juga butuh menambahkan banyak minyak. Minyak memiliki fungsi penting dalam menghasilkan brownies yang enak, terutama memiliki tekstur lembut, ngeprul dan tidak seret. Jangan menghilangkan bahan ini hanya karena ingin brownies yang rendah kalori. Boleh saja dicampur dengan mentega jika ingin aroma yang wangi dan lembut, tapi jangan dihilangkan.

5. Panaskan dahulu kukusan

Sekiranya sudah mengikuti semua bahan dan langkah pembuatan pada resep yang kamu pilih, panaskan dahulu kukusan. Konsepnya sama seperti memanggang dengan oven. Alat memasak brownies harus dipanaskan dahulu sehingga adonan brownies tidak rusak dan bisa menghasilkan brownies yang diinginkan. Setelah panas, baru masukkan loyang brownies untuk dikukus. Jangan lupa pula melapisi tutup kukusan agar air uapnya tidak menetes ke atas brownies. Air itu akan merusak brownies.

6. Jangan sering membuka tutup kukusan

Jangan terlalu penasaran sudah berapa matang brownies yang kamu kukus. Begitu adonan brownies masuk ke dalam kukusan panas, diamkan selama 30 menit atau sesuai instruksi resep. Jangan sesekali dibuka-buka karena suhu kukusan akan turun dan menyebabkan proses pemasakan terganggu. Akibatnya, brownies bantat atau tidak bisa mengembang.

Itu dia sekian tips sukses membuat brownies kukus di rumah.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading