Sukses

Food

5 Tips Menggoreng Donat agar Tidak Berminyak saat Dimakan

Fimela.com, Jakarta Donat dibuat dengan cara digoreng, meskipun menjadi salah satu makanan yang tidak sehat karena tinggi kalori dari minyak, tapi donat bisa dikurangi kalorinya sehingga tidak perlu terlalu menyerap minyak selama digoreng. Ini beberapa tips menggoreng donat agar tidak berminyak.

1. Adonan harus mengembang

Satu hal yang perlu dipastikan sebelum menggoreng donat adalah proses fermentasi donat harus sudah berhasil. Ketika adonan donat digoreng dalam keadaan mengembang, donat tidak akan banyak menyerap minyak. Tapi jika proses mengembang, proofing atau fermentasinya gagal, donat akan bantet saat digoreng dan cenderung menyerap banyak minyak.

2. Jangan sering dibolak-balik

Sebaiknya jangan sering membolak-balik donat yang digoreng karena itulah penyebab donat menyerap banyak minyak. Setelah memanaskan minyak dan memasukkan donat, tunggu hingga benar-benar matang kecokelatan, baru dibalik. Sebisa mungkin hanya membalik donat goreng sekali agar tidak menyerap minyak.

3. Panaskan minyak dahulu

Pastikan sebelum memasukkan donat ke dalam wajan, minyak sudah dalam keadaan panas benar. Jangan memasukkan donat ke dalam minyak yang belum panas karena itulah alasan donat menyerap banyak minyak. Sebelum memasukkan donat, boleh dites dulu dengan memasukkan secuwil adonan. Jika langsung bereaksi, berarti minyak sudah cukup panas.

4. Menggoreng banyak donat sekaligus

Jangan menggoreng banyak donat sekaligus. Mungkin kamu bermaksud untuk mempercepat proses penggorengan donat sehingga memasukkan adonan donat ke dalam wajan hingga penuh, tapi justru itulah kesalahannya. Ketika menggoreng terlalu banyak donat, suhu minyak akan turun sehingga butuh waktu untuk menaikkan suhunya lagi. Saat minyak tidak terlalu panas inilah donat menyerap minyak.

5. Tiriskan donat sebelum dimakan

Sebelum disajikan, pastikan meniriskan donat goreng di atas piring yang sudah dialasi tisu atau kertas sehingga bisa dikurangi kandungan minyaknya. Letakkan di wadah cukup lebar dengan alas tisu sehingga minyak yang terangkat akan terserap tisu.

Itu dia beberapa tips menggoreng donat agar tidak berminyak. Semoga bermanfaat!

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading