Sukses

Food

Cara Menyimpan Bawang Merah Agar Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Bawang merah menjadi salah satu bumbu dasar yang selalu ada di setiap masakan di Indonesia. Dengan bawang merah, setiap masakan yang kita buat akan semakin lezat, nikmat dan beraroma wangi khas. Cita rasa masakan yang semula biasanya, akan semakin kuat dengan bumbu bawang merah di dalamnya. 

Saat harga bawang merah sedang cukup murah seperti sekarang ini, tak ada salahnya untuk membeli bawang merah dalam jumlah banyak. Dengan cara penyimpanan yang tepat, bumbu bawang merah bisa tahan lebih lama. Berikut beberapa cara tepat menyimpan bawang merah agar tahan lebih lama tanpa mengurangi kualitas dan rasanya.

Pisahkan Bawang Merah dari Bumbu Lain

Cara pertama ada pisahkan bawang merah dari bumbu lain saat disimpan. Termasuk memisahkannya dari bawang putih. Saat bawang merah disimpan sendiri tanpa bumbu lain, ini akan lebih tahan lama dan tetap berkualitas. 

Simpan di Tempat Kering dan Terbuka

Bawang merah cukup disimpan di tempat yang kering dan terbuka agar tahan lebih lama. Dalam suhu ruang di tempat terbuka, bawang merah bisa tahan hingga berhari-hari bahkan satu minggu. Untuk bawang merah yang berkualitas baik dan cukup kering, ini bahkan bisa bertahan hingga satu bulan. 

Kupas dan Simpan di Kulkas

Bawang merah juga bisa disimpan di dalam kulkas dengan cara dikupas dulu sebelumnya. Simpan di wadah kering dan tertutup rapat kemudian simpan di kulkas. Dengan cara ini bawang merah  bisa tahan hingga berminggu-minggu. Meski tahan lama,  cara penyimpanan ini memungkinkan bawang merah bertunas. Ini karena kulkas bersuhu rendah dan lembab yang memudahkan bawang bertunas. 

Haluskan Bawang Merah, Tumis dan Simpan Matang

Bawang merah juga bisa disimpan dalam keadaan matang. Caranya haluskan bawang merah dengan cara diblender kemudian tumis tanpa minyak hingga matang dengan api kecil. Simpan bawang merah yang telah matang ke dalam jar, tutup rapat kemudian simpan di kulkas. Ambil sedikit bawang merah jika ingin menggunakannya sebagai bumbu masakan sehari-hari.

Goreng Bawang Merah

Cara selanjutnya untuk menyimpan bawang merah adalah menggoreng bawang merah. Iris tipis bawang merah kemudian goreng hingga kering. Diamkan beberapa saat sampai kering, simpan di wadah kedap udara atau stoples. Gunakan secukupnya untuk bumbu masakan setiap kali dibutuhkan. 

Itulah sekian cara untuk menyimpan bawang merah agar tahan lebih lama. Semoga cara ini bermanfaat dan selamat mencobanya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading