Sukses

Food

Berbagai Makanan Awetan yang Terbuat dari Bahan Nabati

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar orang lebih sering makan makanan segar sehari-harinya. Namun ada kalanya kamu tak sempat membuat makanan segar karena banyak kesibukan atau sedang terburu-buru. Jika sedang dalam keadaan seperti itu, kamu bisa mencoba makanan awetan.

Makanan awetan seringkali dianggap sebagai makanan yang tidak sehat karena mengandung pengawet agar bisa tahan lama. Padahal tidak semua makanan awetan begitu. Ada pula makanan awetan yang terbuat dari bahan nabati seperti sayur dan buah-buahan yang tak kalah sehatnya dengan makanan segar.

Berikut berbagai macam makanan awetan dari bahan nabati yang bisa kamu konsumsi sehari-hari.

1. Asinan atau Manisan

Mungkin kamu sudah mengenal atau familiar dengan makanan satu ini. Manisan atau asinan adalah salah satu jenis makanan awetan yang terbuat dari bahan nabati. Beberapa jenis asinan dan manisan yang paling dicari bervariasi, mulai dari manisan mangga, manisan kolang-kaling, asinan rambutan, sampai asinan sayur.

2. Buah Kalengan

Ingin rutin makan buah setiap hari namun tidak ingin mengupas buah satu per satu? Kamu bisa coba buah kalengan. Buah kalengan adalah buah-buahan yang dimasukkan dalam kaleng dan ditambahkan sirup. Buah kalengan bisa tahan selama 1-2 hari.

3. Keripik

Siapa sih yang tak kenal kerupuk? Rasanya hampir semua orang di Indonesia mengenal kerupuk. Kerupuk ternyata adalah salah satu jenis makanan awetan yang berasal dari bahan nabati. Biasanya kerupuk berasal dari berbagai umbi-umbian seperti kentang, ubi dan singkong. Ada juga keripik yang terbuat dari buah-buahan seperti apel, nangka, salak dan pisang.

4. Acar

Acar juga merupakan salah satu makanan awetan dari bahan nabati. Acar umumnya dijadikan tambahan untuk makanan lain seperti nasi goreng. Acar biasanya dibuat dari berbagai macam sayuran seperti timun atau wortel yang direndam menggunakan air cuka. Acar bermanfaat sebagai sumber antioksidan, mineral dan vitamin (C, A, K), serta meningkatkan sensitivitas insulin karena membantu mengontrol kadar gula darah.

5. Kimchi

Selain makanan Indonesia, ada pula makanan dari luar negeri yang merupakan makanan awetan dari bahan nabati, yaitu kimchi. Bagi kamu yang terbiasa menonton drama korea atau menyukai berbagai hal tentang korea pasti sudah mengetahui makanan yang satu ini.

Kimchi merupakan hidangan tradisional Korea yang terbuat dari sayuran yang difermentasi. Sayuran yang digunakan seperti kol, mentimun, dan lobak dan dicampur dengan berbagai bumbu seperti gula, garam, bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai.

Itulah 5 macam makanan awetan dari bahan nabati yang bisa kamu coba. Kamu pernah coba makanan awetan yang mana nih, Sahabat Fimela?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading