Sukses

Food

Cara Membuat Lontong yang Padat Tapi Empuk dan Enak

Fimela.com, Jakarta Siapa nih yang suka lontong? Sebagai makanan pengganti nasi yang tak hanya enak tapi juga sehat, lontong menjadi salah satu menu favorit beberapa orang. Biasanya, lontong disajikan bersama sate, sayur lodeh, soto atau juga pecel. Meski sama-sama terbuat dari bahan utama beras, memasak lontong bisa dikatakan cukup sulit jika dibandingkan dengan memasak nasi. Apalagi untuk mendapatkan lontong yang padat tapi tetap empuk dan enak. 

Buat kamu yang ingin membuat lontong sendiri di rumah, coba deh simak caranya berikut ini.

Pemilihan Beras

Sama seperti nasi, untuk dapatkan lontong yang enak kita membutuhkan beras yang enak, pulen dan kualitas super. Semakin baik kualitas beras yang kita gunakan, akan semakin baik lontong yang kita hasilkan. 

Tambahkan Air Kapur Sirih

Tambahkan air kapur sirih di cucian terakhir beras. Remas-remas beras dengan air kapur sirih. Perbandingkan untuk penggunaan air kapur sirih ini yakni 250 gram beras dengan 2 - 3 sdm air kapur sirih. Air kapur sirih membuat lontong jadi lebih padat, tahan lama dan cukup empuk. 

Pemilihan Daun Pisang

Cara selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pemilihan daun pisang. Gunakan daun pisang kepok yang masih segar. Jemur sebentar daun pisang agar tidak keras dan lebih mudah digulung.

Takaran Beras di Dalam Daun Pisang

Untuk daun pisang yang sudah digulung dan dikunci dengan tusuk gigi satu bagian, selanjutnya isi dengan beras. Isi beras sebanyak setengah panjang daun pisang. Ini akan membantu lontong lebih padat namun empuk dan enak.

Merebus Lontong

Sebaiknya rebus lontong dengan cara yang benar. Masukkan lontong ke dalam panci berisi air yang penuh. Pastikan lontong terendam air dengan sempurna dan masak dengan api sedang hingga benar-benar matang kira-kira selama 2 sampai 3 jam.

Setelah lontong matang, angkat dan diamkan saja sambil diangin-anginkan agar tahan lebih lama. Saat merebus ini, jika kamu memungkinkan merebus lontong dalam posisi berdiri, maka lakukan. Ini akan membantumu dapatkan lontong yang lebih padat, bentuknya baik dan rendah risiko rusak saat direbus. 

Semoga cara ini bermanfaat dan selamat mencobanya ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading