Sukses

Food

5 Makanan Enak dan Sehat yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan menjadi prioritas penting bagi siapapun. Terutama untuk mengelola kadar kolesterol dalam tubuh. Adanya kolesterol tinggi, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Dan ini berlaku bagi siapapun di segala rentang usia. 

Tetapi jangan khawatir, ada beberapa pilihan makanan lezat dan sehat yang akan membantu kita mengelola serta menurunkan kolesterol. Aneka makanan ini juga membantu kita menjaga tubuh tetap sehat. Inilah beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan cerdas dalam mengatur menyetabilkan bahkan menurunkan kolesterol tinggi.

Alpukat

Alpukat, selain lezat, juga kaya akan lemak sehat. Terutama lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini berfungsi membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). 

Studi menemukan jika alpukat mengandung kalium, serat, dan antioksidan seperti lutein yang baik untuk kesehatan jantung. Mengutip dari laman healthline.com, buah satu ini bisa dikonsumsi sehari-hari bahkan sangat disarankan untuk ibu hamil agar bayi di kandungan terlahir makin cerdas.

Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, sarden, dan mackerel mengandung omega-3 asam lemak yang telah terbukti mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan profil lipid dalam darah. Omega-3 membantu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan HDL. Protein berkualitas tinggi dalam ikan juga bisa menjadi alternatif sehat untuk sumber protein.

Biji-bijian Utuh

Serat larut dalam biji-bijian utuh seperti oatmeal, barley, dan beras merah bisa membantu mengurangi penyerapan kolesterol di saluran pencernaan. Selain itu biji-bijian utuh juga mengandung fitosterol, senyawa yang bersifat mirip kolesterol dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, walnut, kacang kedelai, kacang hijau dan kacang tanah mengandung lemak sehat, serat, dan protein nabati. Aneka makanan ini membantu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL. Sejumlah penelitian mengungkapkan jika konsumsi kacang-kacangan erat kaitannya dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Buah-buahan Segar

Buah-buahan seperti apel, stroberi, jeruk, dan pisang mengandung serat pektin yang akan membantu mengurangi penyerapan kolesterol. Selain itu buah-buahan juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengintegrasikan makanan-makanan ini dalam pola makan sehari-hari akan memberi manfaat signifikan dalam pengelolaan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun ingat, tidak hanya makanan yang penting. Penerapan gaya hidup sehat yang meliputi olahraga teratur, menghindari merokok, dan mengelola stres adalah poin yang tak kalah penting. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading