Sukses

Food

Dukung Tumbuh Kembang Anak Indonesia, Blue Band Gelar Kampanye Edukasi Pentingnya Sarapan Bergizi dengan Omega 3 dan 6

Fimela.com, Jakarta Momen tumbuh kembang anak memang bisa dianggap sebagai masa penuh keajaiban bagi orang tua. Di sinilah mereka bisa menyaksikan langsung proses proses perkembangan si kecil kesayangan yang penuh cerita menyenangkan, mulai dari senyum pertamanya, kata pertama yang bisa diucapkan, hingga langkah kaki pertama yang berhasil diciptakan buah hati tercinta.

Orang tua pun berperan penting dalam mendampingi si kecil dalam melalui masa tumbuh kembangnya. Apalagi, ada periode golden age, atau fase emas tumbuh kembang anak yang berlangsung ketika si kecil dilahirkan hingga usia 5 tahun. Di masa inilah otak anak akan mengalami perkembangan dengan maksimal, sehingga berbagai dukungan orang tua sangat penting untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang tersebut.

Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan Bunda adalah asupan nutrisi anak, khususnya sarapan pagi yang bergizi sebelum memulai aktivitas. Sarapan pagi nggak hanya memberikan energi yang diperlukan si kecil, tapi juga sebagai nutrisi otak sehingga tumbuh kembangnya akan berlangsung dengan optimal. Penting juga buat Bunda memahami kandungan nutrisi penting apa saja yang wajib ada dalam menu sarapan, misalnya saja Omega 3 dan 6.

Kedua nutrisi ini punya peranan penting karena dapat memaksimalkan fungsi otak di masa tumbuh kembang anak, sebagai sumber energi dalam beraktivitas, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.

Mengingat pentingnya asupan kedua nutrisi tersebut, Blue Band pun berkomitmen membantu memenuhi asupan Omega 3 dan 5 bagi anak-anak di Indonesia dengan menggelar kampanye nasional berkelanjutan yang inspiratif banget. Kampanye ini menghadirkan edukasi buat 10ribu ayah, bunda, dan anak tentang pentingnya sarapan bergizi penuh Omega 3 dan 6 dalam rangka mendukung generasi emas 2045. Intip lebih jauh fakta menarik dari kampanye ini yuk!

850 Ribu Anak Menjadi Target Edukasi

Menurut Marketing Director PT Upfield Consulting Indonesia, Ade Savitri, diprediksi pada 2045 mendatang, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi berupa 70% penduduk dalam usia produktif.

“Agar penduduk dengan usia produktif tersebut memiliki kemampuan kognitif, kecerdasan, daya konsentrasi, dan kreativitas yang tinggi serta mental yang baik, maka asupan nutrisi omega 3 dan 6 anak-anak harus ditingkatkan,” ungkapnya saat konferensi pers Blue Band Gelar Kampanye Nasional Omega 3 dan 6 pada Menu Sarapan Anak-Anak Indonesia di Bale Nusa Pakubuwono, Jakarta Selatan, Kamis (24/8/2023).

Kampanye yang digelar Blue Band tersebut menargetkan 850 ribu anak dapat teredukasi. Selain itu, kampanye ini juga berkomitmen mengedukasi 10 ribu anggota keluarga di Indonesia mengenai pentingnya sarapan bergizi dengan omega 3 dan 6 lewat beragam pendekatan, seperti kick-off berupa voluntrip bersama para ibu, pembagian paket bergizi, dan edukasi melalui sosial media.

Senior Marketing Manager Upfield Indonesia, Michael Suwito mengatakan bahwa kampanye tersebut dimulai di akhir bulan Agustus sampai akhir Oktober. Ia mengungkapkan, kampanye tersebut juga menjadi bagian dari rencana tahunan Blue Band.

“Blue Band melihat bahwa peran orang tua sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Jadi peran edukasi terhadap orang tua menjadi begitu penting, tanpa orang tua yang paham, maka ke bawahnya akan terbengkalai,” katanya.

Michael juga menyebut bahwa kampanye Blue Band ini juga sejalan dengan visi pemerintah yaitu mengenai generasi emas 2045. Apalagi. Anak-anak yang saat ini umur 5 tahun, di tahun 2045 menjadi usia produktif, usia di mana mereka harus bersaing.

“Blue Band juga melihat concern ini harus selaras dengan beberapa stakeholders. Dalam kesempatan ini, kami mengundang beberapa partner seperti Alfamart yang akan membantu memastikan ketersediaan produk kami dengan harga yang terjangkau,” sebutnya.

“Kita juga bekerja sama dengan Kitabisa yang akan membantu pelaksanaan daripada program kampanye ini,” tambah Michael.

Ia pun berharap agar kampanye edukasi pentingnya sarapan bergizi penuh Omega 3 dan 6 ini didukung oleh seluruh stakeholders.

Manfaat Penting Omega 3 dan 6

Menurut pakar teknologi pangan dan gizi terkemuka di Indonesia, Prof. Made, secara ilmiah ada hubungan erat antara asupan Omega 3 dan 6 yang cukup dengan proses tumbuh kembang anak.

“Masing-masing asam lemak Omega tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Omega 3 terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Docosahexaenoic acid (DHA), Eicosapentaenoic acid (EPA), dan Alpha-linolenic acid (ALA) yang memiliki fungsi penting, yakni membantu meningkatkan kemampuan kognitif, konsentrasi dan daya ingat, menekan depresi dan kecemasan, hingga menjaga daya visual,” paparnya.

Prof. Made juga mengatakan bahwa asam lemak Omega 6 yang terdiri dari linolenic acid (LA) dan arachidonic acid (ARA) berfungsi sebagai sumber energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Semua fungsi tubuh perlu dijaga dalam kondisi baik agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal," katanya.

“Untuk itu, sesuai saran Kementerian Kesehatan, anak-anak disarankan untuk mengonsumsi dan memenuhi kebutuhan omega 3 sebanyak 0,7-0,9 gram per hari,” jelas Prof. Made.

Dirinya mengatakan bahwa di Indonesia, kesenjangan asupan gizi masih terjadi dan otomatis berpotensi menghambat masa depan dan terwujudnya 2045.

Wah, ternyata ada banyak fakta menarik tentang kebutuhan nutrisi anak untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya ya, Bunda. Coba cek dulu, apakah kebutuhan nutrisi Omega 3 dan 6 si kecil sudah terpenuhi dengan baik? Yuk, saatnya mulai lebih perhatikan lagi asupan menu sarapan paginya, pastikan nutrisinya seimbang dan penuh kandungan Omega 3 dan 6 ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading