Sukses

Food

5 Cara Efektif Memanfaatkan Minyak Goreng Bekas

Fimela.com, Jakarta Minyak goreng adalah salah satu bahan dapur yang selalu ada di setiap rumah. Minyak goreng dibutuhkan untuk melengkapi acara masak agar lebih praktis, lezat dan menggugah selera. Selain untuk menumis, minyak goreng tentunya digunakan untuk menggoreng makanan. Dan tak jarang, minyak goreng ini digunakan berkali-kali hingga berubah warna. Padahal nih ya, minyak goreng tak boleh digunakan berulang kali. Dikhawatirkan ini bisa meningkatkan berbagai masalah kesehatan. 

Untuk Mom yang biasa menggunakan minyak goreng saat memasak dan sering mendapatkan minyak goreng bekas, jangan langsung membuang minyak goreng bekas tersebut ya. Alangkah baiknya, gunakan minyak goreng bekas dimanfaatkan untuk hal lain. Berikut adalah beberapa cara memanfaatkan minyak goreng bekas Mom.

Membasmi Gulma

Cara memanfaatkan minyak goreng yang pertama adalah membunuh gulma. Gunakan minyak goreng bekas sebagai alat untuk mengatasi masalah gulma atau rumput liar di kebunmu. Caranya cukup mudah, letakkan minyak bekas ke dalam botol semprot dan semprotkan ke gulma yang tumbuh di kebunmu secara rutin. Cara ini bisa membunuh atau membasmi gulma secara perlahan tapi pasti. 

Melindungi Peralatan Berkebun

Selain untuk membunuh gulma di kebun, minyak goreng bekas bisa dimanfaatkan untuk melindungi peralatan kebun yang berbahan logam. Minyak goreng bisa digunakan sebagai pelumas yang mencegah peralatan berkebun karatan. 

Pelumas Pada Mesin Ringan

Minyak goreng bekas juga bisa dimanfaatkan untuk pelumas mesin ringan. Beberapa mesin ringan seperti engsel pintu, roda sepeda dan sejenis, bisa tahan lebih lama dan mudah digerakkan saat kamu mengolesinya dengan minyak bekas. Kamu bisa menggunakan minyak bekas sebagai pengganti oli untuk mesin ringan dan sederhana.

Bahan Bakar Alternatif

Minyak goreng bekas juga bisa digunakan untuk bahan bakar alternatif. Proses konversi minyak bekas ini dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan membantu mengurangi emisi gas rumah kaca. Ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti lilin atau minyak tanah untuk lampu penerangan alami saat mati lampu.

Pembuatan Sabun

Minyak goreng bekas bisa diolah menjadi sabun yang ramah lingkungan. Sabun ini bahkan dipercaya lebih efektif untuk untuk mencuci pakaian atau membersihkan berbagai permukaan. Namun ingat, membuat sabun dengan minyak bekas tak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa proses yang harus dilakukan dan beberapa bahan yang penting ditambahkan. 

Itulah sekian cara memanfaatkan minyak goreng bekas. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika kamu punya cara lain dalam memanfaatkan minyak bekas, share juga ke kami ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading