Sukses

Food

Sekeras Batu, Cara Menyimpan Brown Sugar agar Tidak Mudah Mengeras

Fimela.com, Jakarta Brown sugar adalah terbuat dari campuran gula pasir dan molase sehingga memberikan warna yang lebih gelap. Faktanya, brown sugar memiliki rasa, tekstur, carabuat, dan kandungan nutrisi yang berbeda. 

Akan tetapi dari sekian banyak jenis gula yang ada di dunia, brown sugar-lah yang sempat menjadi sensasi di dunia maya terutama dalam sisi minuman. Pada 2017 trend tentang brown sugar mulai meledak, tetapi di indonesia sendiri tren ini mulai di pertengahan 2019. Selain minuman, brown sugar juga sering digunakan untuk membuat hal lain yaitu cookies.

Hal yang paling mengesalkan terutama saat kita memasak menggunakan brown sugar adalah gula yang mengeras. Pengerasan ini terjadi karena kandungan molase yang ada di brown sugar mengurang dan pada akhirnya brown sugar bisa mengeras.

TIdak perlu khawatir, Sahabat FIMELA bisa dengan mudah menerapkan langkah-langkah awal ini agar brown sugar kamu di tak mengeras. Cara-cara ini sebelumnya sudah di tes oleh tasteofhome.com.

 

 

Wadah Kedap Udara

Cara terbaik untuk menjaga brown sugar kalian agar tetap lembut adalah dengan menggunakan wadah penyimpanan yang kedap udara. Dengan menggunakan wadah dengan jenis ini akan membantu mencegah masuknya udara. 

Intinya saat kamu baru membeli brown sugar, disarankan untuk langsung memasukan gula kedalam wadah dan jangan dibiarkan beberapa lama karena hal ini mempercepat gula untuk mengeras.

Marshmallow

Sekilas kamu pasti berpikir tentang apa logis dibalik ini marsmellow. Faktanya, marshmallow  bisa membantu untuk melunakan brown sugar. Logika dibalik ini adalah marsmello akan membantu memberikan kelembaban ke brown sugar yang sudah mengeras.

Cara melakukan teknik ini adalah dengan memasukan marshmallow ke dalam wadah yang berisi brown sugar. Jika kamu meninggalkannya selama sehari tekstur brown sugar akan jauh lebih lembut dari sebelumnya, tapi kamu bisa membiarkan marshmallow  di dalam wadah penyimpanan sampai marsmellow menjadi keras. Teknik ini cocok untuk kamu yang tidak punya wadah kedap udara.

Roti

Pada dasarkan teknik ini memiliki konsep yang serupa dengan teknik menggunakan marshmallow. Kamu hanya membutuhkan sepotong roti tawar saja. Intinya brown sugar akan menyerap cairan yang ada di brown sugar. Biarkan roti di dalam kontainer selama 2 sampai 3 hari. Kamu pasti akan terkejut melihat perubahannya, roti mu akan menjadi renyah dan brown sugar kamu akan melembut.

Sekedar tips, kamu disarankan untuk tidak menggunakan roti yang memiliki tekstur renyah. Intinya gunakan roti yang memiliki rasa hambar atau netral seperti roti tawar dan roti gandum (ingat, jangan gunakan bagel).

 

 

Air

Jika kelembapan dalam brown sugar sudah menghilang, hal ini akan menjadi masalah karena brown sugar kamu akan sekeras batu, bahkan akan membutuhkan waktu yang lama untuk menanggulanginya.

Jika kamu berada di posisi ini cara yang bagus adalah dengan menggunakan air. Namun, cara penggunaannya adalah dengan tidak mencurahkan air ke brown sugar, melainkan menyemprotkan sedikit air dalam wadah brown sugar, dalam beberapa lama gula merah kamu akan melunak. Penting untuk diingat kalau tidak menggunakan air secara berlebihan karena dapat membuat gula larut.

Microwave

Jika kamu tidak memiliki waktu yang banyak dan kamu harus membuat sesuatu dengan brown sugar, mungkin metode terakhir ini akan berguna untuk mengatasi masalah ini. 

Komponen utama dalam menerapkan metode ini adalah microwave. Cara melakukannya juga bisa dibilang sederhana, pertama siapkan mangkuk yang sudah berisikan brown sugar, kemudian tutup wadah tersebut menggunakan tisu basah atau kain basah. Terakhir, masukan brown sugar ke dalam microwave selama 20 detik.

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading