Sukses

Food

6 Buah Segar dan Enak yang Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Buat kamu yang tak suka buah-buahan, cobalah untuk memulai menyukai konsumsi buah. Buah mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Beberapa buah bisa meningkatkan stamina, menjaga berat badan tetap ideal, bahkan bisa bantu turunkan kolesterol tinggi. 

Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Dari heart.org, salah satu cara yang efektif untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh adalah dengan menjalani pola makan sehat, termasuk makan buah-buahan. Berikut adalah beberapa buah dipercaya bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi. 

Jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya akan serat, terutama serat larut seperti pektin. Pektin membantu mengurangi penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Selain itu, jeruk juga mengandung vitamin C yang berperan penting dalam melindungi arteri dari kerusakan. Beberapa kandungan nutrisi penting dalam jeruk antaranta serat, vitamin C dan kalium.

Apel

Sama seperti jeruk, apel juga mengandung serat larut yang tinggi, terutama pektin. Serat larut bisa membantu mengikat kolesterol dalam usus dan mengeluarkannya dari tubuh. Buah satu ini mengandung serat, vitamin C dan vitamin E yang membantu menurunkan kadar kolesterol total. Konsumsi apel secara rutin juga bisa membantu menyukseskan program diet. 

Alpukat

Mengutip dari laman medicalnewstoday.com, alpukat mengandung lemak sehat, yaitu lemak tak jenuh tunggal. Kandungan nutrisi ini bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Kandungan ini membantu menjaga keseimbangan lipid dalam darah. Aplukat juga kaya asam folat yang baik buat otak. 

Stroberi

Stroberi adalah sumber antioksidan yang kuat, termasuk anthocyanin yang akan membantu melindungi arteri dari kerusakan dan meningkatkan kesehatan jantung. Stroberi kaya akan vitamin C, serat, folat dan antosianin yang sangat baik dalam menjaga kesehatan organ tubuh secara keseluruhan.

Buah Delima

Buah delima mengandung polifenol yang disebut punicalagin, yang diketahui bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi peradangan dalam arteri. Stroberi kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin K, dan serat yang mendukung kesehatan tubuh secara maksimal. 

Pisang

Pisang kaya akan kalium yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Ini adalah komponen penting dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Konsumsi pisang setiap hari, bisa bantu jaga kesehatan tubuh secara optimal. Selain menurunkan kolesterol, pisang juga bermanfaat melancarkan sistem pencernaan dan mengoptimalkan keberhasilan program diet. 

Itulah sekian buah segar dan enak yang bisa bantu menurunkan kolesterol tinggi. Usahakan untuk konsumsi aneka buah di atas secara rutin dan rasakan manfaat sehatnya. Jangan lupa buat memiliki olahraga dan istirahat cukup setiap harinya demi dapatkan dukungan yang lebih maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading