Sukses

Food

5 Buah Enak yang Bermanfaat Menurunkan Risiko Asam Urat

Fimela.com, Jakarta Tingkat asam urat yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan masalah kesehatan, termasuk nyeri sendi dan kondisi yang dikenal sebagai asam urat tinggi atau gout. Ketika tubuh mengalami peningkatkan zat tertentu misal asam urat, kolesterol, atau gula darah, tentu ini sangat tak baik buat kesehatan. Seperti yang kita tahu, segala yang berlebihan dalam tubuh akan berdampak buruk buat kesehatan ke depannya, termasuk asam urat yang tinggi.  

Untuk menstabilkan asam urat dalam tubuh, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melalui pola makan yang seimbang, termasuk mengonsumsi buah-buahan tertentu. Mengutip dari laman healthline.com, beberapa jenis buah lezat dipercaya bermanfaat menurunkan risiko asam urat. Aneka buah ini juga kaya vitamin yang meningkatkan daya tahan tubuh. Para ahli merekomendasikan untuk konsumsi buah ini secara rutin setiap hari untuk dapatkan manfaatnya. Apa saja buah tersebut?

Ceri

Buah pertama untuk turunkan asam urat ada ceri. Ceri dikenal sebagai salah satu buah yang paling efektif dalam mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam "Arthritis & Rheumatism" pada tahun 2012 menemukan bahwa mengonsumsi ceri secara rutin bisa mengurangi serangan asam urat pada penderita gout.

Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis

Buah jeruk lemon dan jeruk nipis mengandung vitamin C yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Vitamin C bekerja dengan meningkatkan ekskresi asam urat melalui ginjal. Buah ini juga meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan kadar kolesterol. Ini bahkan sangat baik dalam menunjang keberhasilan program diet.

Pisang

Pisang adalah sumber potasium yang baik. Kekurangan potasium bisa berhubungan dengan peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Mengonsumsi pisang secara teratur bisa membantu menstabilkan tingkat asam urat dalam tubuh.

Semangka

Buah semangka mengandung banyak air dan memiliki efek diuretik ringan. Buah ini bisa membantu mengeluarkan asam urat lebih efisien melalui urine. Ini juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah yang terlampau tinggi dalam tubuh. Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul “The Effects of Watermelon Supplementation on Prevention of Kidney Injury Induced by Ketorolac in Rats,” oleh Mahdieh Khadem Haghighian dkk, menemukan jika semangka adalah buah yang efektif menjaga kesehatan tubuh agar senantiasa optimal.

Pir

Buah selanjutnya untuk menurunkan asam urat ada buah pir. Pir mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan bisa membantu mengendalikan penyerapan purin dari makanan. Hal ini bisa membantu mengurangi produksi asam urat berlebih. 

Nah, itulah sekian buah yang dipercaya bermanfaat menurunkan asam urat dalam tubuh. Aneka buah ini juga kaya nutrisi dan manfaat yang bisa mengoptimalkan kesehatan. Penting diketahui jika mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa membantu menstabilkan kadar asam urat dalam tubuh. Namun, penting untuk diingat bahwa mengelola asam urat tinggi juga melibatkan pola makan seimbang dan gaya hidup yang sehat. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading