Sukses

Food

5 Resep Jamu Tidak Pahit untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Salah satu kesan yang selalu muncul di dalam kepala ketika kita memikirkan minuman jamu adalah rasa pahit. Padahal ada banyak sekali jamu yang tidak pahit saat diminum, yang justru enak dikonsumsi setiap hari. Khasiat kesehatannya juga tidak perlu diragukan lagi, karena kaya akan antioksidan alami, banyak jamu yang mampu menurunkan asam urat dan kolesterol.

Rasa jamu juga ditentukan oleh bahan yang digunakan, ada beberapa yang pahit tapi sebagian besar sebenarnya tidak terasa pahit. Jika kamu bukan pecinta jamu pahit, sekian resep jamu tradisional berikut ini cocok diminum setiap hari untuk menurunkan asam urat dan kolesterol.

1. Resep Jamu Sinom

Bahan:100 gram daun asam50 gram kunyit200 gram gula pasir (sesuai selera)50 gram gula merah (optional)25 gram asam jawa1 liter air

Cara membuat:Cuci bersih daun asam, umumnya daun asam yang digunakan adalah yang muda, pucuk-pucuk daunnya saja karena daun yang tua memiliki warna pekat jika direbus.Cuci bersih kunyit, kupas dan iris tipis. Masukkan air, kunyit, dan daun asam ke dalam panci, rebus hingga mendirih dan matang, sambil sesekali diaduk. Jika warnanya sudah kuning dan aromanya harum, masukkan gula merah dan gula pasir, aduk hingga larut. Angkat.Diamkan hingga dingin, saring ke dalam botol-botol. Siap dikonsumsi.

2. Resep Jamu Temulawak Asam Pandan

Bahan:50 gram temulawak20 gr asam jawa tanpa biji2 lembar daun pandan2 sdm gula merah (optional)800 ml airCara membuat:Cuci bersih temulawak lalu parut. Iris tipis daun pandan.Masukkan air ke dalam panci. Masukkan temulawak, pandan dan asam jawa.Rebus selama 10 menit atau hingga cukup wangi. Angkat, biarkan agak dingin.Masukkan gula secukupnya, aduk hingga larut.Saring ke dalam gelas-gelas, nikmati jamu selagi hangat.Jika suka lebih segar, boleh tambahkan es batu atau simpan dulu di kulkas.

3. Resep Jamu Kunyit Asam

Bahan:1 liter air100 g kunyit50 g asam jawa2 lembar daun pandangula jawa/gula pasir secukupnya

Cara membuat:Cuci bersih dan parut kunyit. Rebus air, masukkan kunyit dan asam jawa.Masak hingga mendidih selama 5 menit.Masukkan gula merah atau gula pasir, aduk hingga larut, angkat.Biarkan agar tidak terlalu panas, saring ke dalam gelas.Jamu kunyit asam sederhana siap dinikmati. Jika suka dingin, boleh tambahkan es batu.

4. Resep Jamu Alang-Alang Serai

Bahan:10 akar alang-alang2 batang serai2 cm kunyit2 keping bunga lawang500 ml airmadu secukupnya

Cara membuat:Cuci bersih alang-alang, serai dan kunyit. Iris tipis alang-alang, serai dan kunyit.Rebus dengan air hingga mendidih selama 10 menit.Jika aromanya sudah wangi, angkat.Saring ke dalam gelas, tambahkan madu secukupnya.Nikmati jamu alang-alang serai selagi hangat. Jika suka yang dingin, tunggu hingga suhu panasnya turun, tambahkan es batu secukupnya.

5. Resep Beras Kencur

Bahan:150 g beras250 g kencur2 cm jahe3-4 sdm gula pasir2 liter air1/4 sdt garam

Cara membuat:Rendam beras kurang lebih 3-6 jam. Kupas bersih jahe dan kencur. Sisihkan.Didihkan air, masukkan jahe geprek, gula dan garam, masak sampai mendidih, tes rasa. Angkat lalu tunggu sampai dingin, kemudian saring airnya. Sisihkan.Tiriskan dan cuci beras. Sangrai sampai kering dan berwarna kecokelatan. Tumbuk atau blender hingga halus lembut.Ulek halus atau blender kencur kemudian campurkan dengan air gula dan beras tumbuk.Saring jamu beras kencur ke dalam wadah lain atau di botol-botol. Simpan dalam kulkas, siap dinikmati dingin.

Itu dia sekian resep jamu yang tidak pahit diminum untuk asam urat dan kolesterol.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading