Sukses

Food

Resep Gohu Tuna Sashimi Asli Indonesia

Fimela.com, Jakarta Makanan ikan mentah atau sashimi memang terkenal di Jepang, apalagi jika sajian ikan mentah di campur dengan saus asin serta irisan sayuran siapa sih yang akan menolak? Pasti sangat lezat dan menggugah selera rasanya, 

Eits, tapi tahukah kamu di Indonesia ada hidangan yang mirip dengan sashimi ala Jepang. Tidak hanya itu, makanan ini juga sudah menjadi makanan khas lho. Pernah dengan gohu tuna makanan khas Ternate? Makanan ini menggunakan daging tuna mentah dengan berbagai bahan seperti cabai serta dedaunan lain yang memiliki citarasa yang lezat.

Tidak hanya itu, cara membuatnya juga mudah. Jika kamu bosan dengan olahan ikan mentah yang itu-itu saja kenapa tidak membuat olahan sashimi khas Nusantara yang satu ini? Resep Gohu Tuna dari Olive Magazine ini bisa kamu buat. 

Serba-serbi Gohu Tuna, Makanan Khas Ternate, Maluku Utara

Berbagai sumber menyebutkan asal usul Gohu Tuna ini bermula dari kebiasaan nelayan yang sering berlayar dan menangkap ikan di perpairan Laut Banda. Waktu berlayar yang lama membuat nelayan berhasil menangkap berbagai jenis ikan salah satunya adalah tuna. Tidak hanya itu, ketika mereka lapar mereka juga makan dengan campuran daging ikan tuna dan berbagai sayuran yang ada.

Fakta ini juga didukung oleh Petty Pandean yang menyebutkan, “Dalam bahasa Manado, gohu sendiri berarti diambil, dalam konteks masakan khas misalnya ada yang namanya gohu pepaya. Namun dalam konteks kali ini, gohu digunakan untuk mendeskripsikan cita rasa yang pedas, gurih, serta lembut dari tuna yang telah dimarinasi.” 

Petty juga menambahkan dia pertama kali mendengar gohu ketika mengunjungi sebuah desa nelayan dekat Likupang, salah satu destinasi turis di Indonesia. “Cerita turun temurunnya memang mengangkat kebiasaan nelayan yang berlayar dengan membawa cabai, bawang merah, jeruk kalamansi, dan garam jadi ketika mereka kelaparan di tengah pelayaran, mereka langsung mengolahnya di tempat.” 

Cara membuat Gohu Tuna yang otentik

Bahan untuk marinasi 

  • 2-3 buah cabai merah, cincang 
  • 2 buah bawang merah, cincang 
  • Daun basil secukupnya, cincang dan sisakan sebagian untuk hiasan 
  • 1 sendok teh minyak kacang, bisa diganti dengan minyak zaitun, kanola, dan lainnya
  • Perasan jeruk nipis atau jeruk kalamansi, sesuai selera

Jenis daging ikan yang digunakan 

  • Daging ikan tuna mentah yang sudah dipotong dadu 

Cara membuat 

  • Untuk bagian marinasi, campurkan seluruh bahan marinasi di sebuah wadah dengan ¼ sendok teh garam dan ¼ sendok teh gula kemudian aduk rata. 
  • Setelah itu tambahkan potongan daging tuna dan masukan ke dalam kulkas selama 10 menit. 
  • Setelah 10 menit, keluarkan gohu tuna dari kulkas dan sajikan dipiring saji dengan hiasan daun basil. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading