Sukses

Food

Susu Kental Manis Bukan Susu? Yuk, Bongkar Faktanya!

Fimela.com, Jakarta Susu kental manis pastinya sudah nggak asing lagi buat keluarga Indonesia. Rasanya yang lezat memang menjadikannya cocok banget dikreasikan dengan berbagai makanan favorit di rumah. Misalnya saja dengan menjadikannya topping menu sarapan untuk menambah energi, atau menjadi campuran sajian favorit keluarga. Tapi, ternyata selama ini ada anggapan kalau susu kental manis bukan susu. Seperti apa sih faktanya? 

Jangan mudah terjebak dengan mitos yang beredar. Sebagai konsumen yang cerdas, waktunya cari tahu tentang fakta sebenarnya di balik kelezatan susu kental manis favorit keluarga. Ungkap lebih jauh yuk, Sahabat Fimela!

Apa Itu Susu Kental Manis?

Masih sering dibuat bingung dengan kabar kalau susu kental manis bukan susu? Hal ini sebenarnya sudah pernah diluruskan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI yang menyatakan sebagai produk pangan dalam kategori susu. Regulasinya sendiri tertulis dalam Perka BPOM Regulasi No 21 Tahun 2016. 

Aturan ini menjelaskan bahwa susu kental manis adalah produk susu yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kekentalan tertentu. 

Proses Pembuatan Susu Kental Manis

Susu kental manis merupakan produk pangan yang proses pembuatannya juga diawasi oleh BPOM, sesuai dengan standar Codex Alimentarius. Rasanya yang manis timbul dari kandungan gula yang dalam sejarah pembuatannya ternyata punya peranan menjadi pengawet alami karena sifat gula yang menghambat pertumbuhan bakteri. Nah, proses pembuatannya sendiri diatur dalam Peraturan BPOM Nomor 34 Tahun 2019 tentang kategori pangan.

Secara umum, produk susu ini dibuat dari susu sapi segar. Teknik pembuatan jenis susu tersebut juga berkembang dari masa ke masa yang berawal pada 1820 oleh Nicholas Appert dari Perancis. Di masa itu, ia berhasil mengawetkan susu kental dalam sebuah botol. Penemuan ini pun disempurnakan lagi oleh Gail Borden Jr. dari Amerika Serikat yang kemudian mematenkan teknik tekanan rendah dalam proses penguapan susu. 

Proses pembuatan ini juga semakin dimantapkan oleh Charles Page yang menjadi pendiri Anglo-Swiss Condensed Milk di Swiss pada tahun 1866. Teknik yang digunakan Page inilah yang menjadi cikal bakal produk susu yang dikenal hingga saat ini. 

Kini seiring dengan teknologi makin maju, proses pembuatan produk susu tersebut juga dilakukan dengan mesin berteknologi tinggi yang bertujuan untuk menjaga kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Rasanya yang manis karena adanya tambahan gula selama proses pembuatan dan tetap sesuai dengan standar peraturan yang berlaku. 

Secara umum, komposisi susu kental manis memiliki kandungan zat gizi makro seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Selain itu, ada juga kandungan vitamin dan mineral lainnya yang bisa menjadi asupan nutrisi tubuh. 

Melihat berbagai kandungan di dalamnya, produk susu ini dapat menjadi asupan energi untuk menjalani berbagai aktivitas sepanjang hari. Kalori susu kental manis sendiri tercatat sebanyak 130 kkal dalam 1 porsi penyajian per sasetnya. Jadi, menikmati menu sarapan dengan topping favorit bisa jadi asupan energi yang lezat! 

Dari berbagai penjelasan yang sudah dijabarkan, makin paham kan kalau isu tentang susu kental manis bukan susu sebenarnya cukup menyesatkan bagi yang nggak memahami asal-usulnya. 

Bagaimana Susu Kental Manis Membuat Makanan Lebih Nikmat?

Dalam dunia kuliner, produk susu yang satu ini sudah bukan hal yang asing lagi dan sering menjadi bahan penunjang yang melezatkan makanan. Cara penyajiannya pun beragam. Ada yang menjadikan susu coklat kental manis sebagai topping roti tawar yang simpel, mencoba cara membuat whipping cream dari susu kental manis, hingga berkreasi dengan resep puding coklat susu kental manis yang nggak kalah nikmat.

Di pasaran sendiri ada banyak varian produk yang bisa dipilih sesuai kebutuhan untuk melezatkan berbagai makanan. Mulai dari susu kental manis kaleng, pouch, hingga kemasan saset yang ekonomis dan terjangkau. Produk ini juga mudah dibeli di mana saja, mulai dari warung dekat rumah, pasar tradisional, minimarket, hingga supermarket tersedia. 

Perhatikan berbagai aspek penting saat memilih produk untuk melezatkan menu sarapan hingga cemilan di rumah, misalnya pilih yang memiliki label full cream. Selain itu, cermati kondisi kemasan yang masih utuh, rapat, dan tidak menggembung sebagai tanda kualitas yang tetap terjaga.

Resep-resep Kreatif dengan Penggunaan Susu Kental Manis

Sekarang nggak perlu termakan isu lebih jauh tentang susu kental manis bukan susu, karena faktanya produk ini memiliki kandungan nutrisi sebagai sumber energi untuk mendukung gaya hidup aktif. Saatnya berkreasi dengan sajian menu sarapan berikut ini yuk! 

1. Sandwich Buah ala Jepang

Bahan:

250 ml whipping cream non diary

70 ml susu kental manis (SKM)

Strawberry sebagai isian roti

8 buah roti tawar

Cara membuat:

1. Kocok whipping cream hingga mengembang

2. Tambahkan SKM, lalu kocok hingga rata

3. Oleskan whipped cream secukupnya pada lembaran roti 

4. Lalu susun strawberry dan aneka buah lain sebagai isian roti

5. Tutup dengan lembaran roti, kemudian bungkus dengan plastic wrap 

6. Masukkan ke dalam kulkas selama 30 – 60 menit

7. Potong roti secara diagonal dan siap untuk disantap

2. Peanut Butter Toast

Bahan: 

1 papan Roti tawar 

2 sdm selai kacang 

2 sdm selai buah 

2 sdm mentega 

3 sdm Susu Kental Manis (SKM)

Cara Membuat:

1. Siapkan roti satu loaf / loyang, potong menjadi tiga bagian. 

2. Olesi satu bagian dengan selai kacang dan satu bagian lagi dengan selai buah. 

3. Tambahkan SKM diatasnya. 

4. Susun roti kembali. 

5. Olesi pan dengan mentega lalu panggang roti. 

6. Olesi mentega sesekali. 

7. Panggang dengan api kecil hingga keemasan.

3. Roti Lapis Salad Telur

Bahan:

4 potong roti tawar

3 butir telur

3 sdm mayonnaise

1 sdt saus tomat

1 sdm bawang bombay cincang

1 sdm acar timun

2 sdm susu kental manis (SKM)

Garam, secukupnya

Cara Membuat:

1. Rebus telur hingga matang. 

2. Panggang roti sebentar. 

3. Haluskan telur yang sudah direbus atau potong-potong kecil. 

4. Campurkan telur dengan mayonnaise, bawang bombay, acar timun, saus tomat, dan garam sesuai selera. 

5. Tambahkan SKM. 

6. Aduk hingga merata. 

7. Isi roti yang sudah di panggang dengan salad telur, sajikan.

Kesimpulannya, susu kental manis bukan susu sebenarnya bukan anggapan yang tepat karena faktanya produk ini diproduksi sesuai dengan standar aturan BPOM. Manfaatnya juga dapat melezatkan masakan dan kalorinya sebagai sumber energi untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Selamat berkreasi dengan sajian favoritmu ya! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading