Sukses

Food

5 Rekomendasi Minuman untuk Kolesterol yang Sehat Dan Enak

Fimela.com, Jakarta Kolesterol merupakan senyawa yang diproduksi dalam hati serta memiliki berbagai macam fungsi seperti pembentukan sel, hormon, hingga vitamin D. Akan tetapi tahukah kamu jika kolesterol sendiri beragam jenisnya? Ditambah, tingginya kolesterol dalam tubuh juga akan mengakibatkan dampak buruk salah satunya adalah gangguan kesehatan serius seperti jantung dan stroke? 

Laman resmi Healthline menjelaskan jika kolesterol tinggi juga sering diasosiasikan dengan beberapa bahan yang memiliki kandungan kolesterol  tinggi seperti kafein bahkan juga pemanis dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan kesehatan serius lainnya. Maka dari itu komposisi serta kandungan sehat dari minuman yang sehat sangat dibutuhkan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Meskipun demikian tentu saja memiliki kolesterol tidak menghalangi untuk tetap minum-minuman yang sehat dan enak. Jangan salah, kamu dapat memilih minuman yang aman dan tentunya menyehatkan. Apa saja rekomendasi minuman yang sehat tetapi juga enak untuk penderita kolesterol serta apa saja kandungan baik dalam minuman-minuman tersebut? Simak informasi dari Medical News Today di bawah ini. 

 

 

1) Teh Hijau

Teh hijau ini sangat terkenal dan menjadi teh yang sering diminum di Asia Timur seperti Cina dan Jepang. Teh hijau mengandung katekin serta antioksidan yang dipercaya sebagai sumber penurun kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein.

Pada tahun 2015 sebuah eksperimen dilakukan oleh peneliti pada sebuah anak tikus meminum air yang diinfuse dengan katekin dan epigallocatechin gallate menunjukkan jika kandungan antioksidan tersebut berperan membantu menjaga kesehatan serta menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hasil tersebut juga didukung oleh hasil penelitian, setelah 56 hari peneliti menemukan jika kadar kolesterol berkurang sekitar 14.4% dan 30.4% pada kedua kelompok tikus yang memiliki hasil kolesterol tinggi. Meskipun demikian, penelitian pada manusia harus dilakukan lebih lanjut untuk hasil yang lebih pasti. 

Selain teh hijau, teh hitam juga memiliki dampak positif pada kolesterol namun kandungannya masih lebih sedikit dibandingkan dengan varian teh hijau. Hal ini dikarenakan perbedaan kandungan katekin pada teh sehingga mempengaruhi penyerapan pada tubuh ketika menerima kandungan katekin ke dalam tubuh.

2) Susu Kedelai 

Susu kedelai memiliki kandungan lemak yang rendah. Tidak hanya itu dalam olahan minuman agar lebih aman dan sehat, kamu bisa mengganti bahan krim atau produk susu tinggi lemak dengan susu kedelai sehingga dapat membantu untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam darah.

Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat merekomendasikan untuk mengkonsumsi setidaknya 25 gram protein kedelai per hari sebagai bagian menu makanan karena kandungan lemak yang rendah untuk penderita kolesterol. Tidak hanya itu, kedelai juga membantu untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Badan pengawasan makanan dan obat-obatan lainnya juga mendukung untuk mengkonsumsi setidaknya 2-3 macam olahan kedelai baik dalam bentuk makanan dan minuman untuk menjaga dan menstabilkan kolesterol. Tunggu apalagi, segera beli susu kedelai dan rasakan manfaatnya. 

3) Minuman dari oat

Oat merupakan salah satu jenis serealia yang terkenal akan kesehatannya. Mungkin kamu sudah mengenalnya dalam bentuk kemasan yang siap saji. Oat mengandung beta glucan yaitu sebuah serat yang yang membantu untuk menyerap dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Sebuah penelitian di tahun 2018 menemukan bahwa minuman olahan oat termasuk susu oat secara konsisten dapat mengurangi kolesterol lebih banyak dibanding dengan produk olahan oat semi solid lainnya. Jadi tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi serta minum oat jika kamu memiliki kolesterol. 

Dalam 250 ml susu oat mengandung 1 gram beta glucan yang baik untuk kolesterol. Akan tetapi sebelum minum susu oat tersebut sebaiknya kamu mengecek kembali kandungan nutrisi dan gizi pada kemasan agar dapat dipastikan apakah benar-benar mengandung beta glucan serta berapa jumlahnya dalam satu kemasan.

4) Jus Tomat

Tomat memang sudah terkenal akan kesehatannya, termasuk untuk kolesterol. Ternyata si bulat merah satu ini kaya akan kandungan bernama likopen. Kandungan likopen ini dapat meningkatkan lipid dan mengurangi kadar kolesterol jahat.

Tidak hanya itu, penelitian juga menunjukkan proses pembuatan tomat menjadi jus juga akan meningkatkan kandungan likopen, serat, dan vitamin B3 yang tentunya juga sangat baik untuk tubuh.

Penelitian tersebut juga didukung oleh sebuah penelitian pada tahun 2015 yang menunjukkan bahwa 25 wanita yang minum 280ml jus tomat setiap harinya selama 2 bulan memberikan hasil pengurangan kadar kolesterol dalam darah. Maka dari itu tidak heran jika jus tomat menjadi salah satu minuman andalan untuk menurunkan kolesterol pada tubuh. 

5) Smoothie Berries 

Beri-berian termasuk buah yang kaya antioksidan dan serat yang dapat membantu untuk menurunkan kolesterol jahat, salah satunya adalah antosianin pada jenis beri-berian seperti stroberi, rasberi, dan bluberi.

Selain akan kaya antioksidan dan serat yang dapat membantu kolesterol, buah beri ternyata juga memiliki kadar lemak dan kalori yang rendah. Meskipun rasanya memang asam, namun penderita kolesterol dapat mengolahnya dengan manisan pengganti gula seperti madu bahkan erythritol.

Membuat smoothie berries juga mudah kamu hanya perlu masukkan seluruh buah beri-berian setidaknya 80 gram beserta ½ cup susu rendah lemak, yogurt, dan air dingin. Setelah itu kamu bisa blender hingga tercampur halus, dan Sajikan. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries #Breaking Boundaries October 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading