Sukses

Food

6 Tips Mengurangi Minyak Berlebih pada Makanan yang Bisa Menyebabkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Memasak makanan lezat adalah sebuah seni, tetapi tidak harus membuat masakanmu mengandung banyak minyak yang dpat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Minyak berlebih tidak hanya menambah jumlah kalori tetapi juga mempengaruhi kesehatan makanan secara keseluruhan. Minyak berlebih pada makanan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh.  

Tentunya ada beberapa tips yang dapat membantumu menyajikan hidangan lezat tanpa banyak mengandung minyak. Penasaran? Yuk, simak beberapa tips yang dapat membantumu mengurangi minyak berlebih pada makanan tanpa mengurangi rasanya.

1. Bersihkan dengan Tisu

Setelah dimasak, letakkan makanan di atas tisu penyerap. Menepuk perlahan akan menyerap minyak berlebih di permukaan, terutama efektif untuk makanan yang digoreng seperti samosa dan ayam goreng.

2. Memanggang Bukan Menggoreng

Pilihlah proses memasak dengan cara memanggang daripada menggoreng. Cara ini membutuhkan sedikit minyak dan dapat memberikan tekstur renyah pada masakan tanpa rasa berminyak yang berlebihan.

3. Menggunakan Peralatan Memasak Anti Lengket

Belilah wajan anti lengket berkualitas baik. Bahan ini membutuhkan lebih sedikit minyak untuk memasak, sehingga memastikan makanan tidak lengket dan mengurangi kebutuhan akan minyak berlebih.

4. Memasak dengan Cara Dikukus

Mengukus mempertahankan rasa alami makanan tanpa menambahkan minyak apa pun. Ini adalah metode yang sangat baik untuk memasak sayuran, ikan, dan bahkan pangsit, dengan tetap mempertahankan nutrisi dan teksturnya.

5. Tumis dengan Kaldu atau Air

Daripada menggunakan minyak, tumis sayuran dan protein dalam kaldu sayuran atau air. Metode ini memberikan rasa dan menjaga hidangan tetap lembab tanpa tambahan kalori dari minyak.

6. Menghilangkan Lemak

Saat membuat sup, semur, atau kari, dinginkan setelah dimasak. Lemak akan mengeras di permukaan, sehingga minyak berlebih lebih mudah dihilangkan sebelum dipanaskan kembali dan disajikan.

Nah, agar makanan tetap sehat, perhatikan cara memasak yang benar, ya Sahabat Fimela. Kamu bisa menggunakan berbagai cara memasak yang bisa mempertahankan gizi dari makanan tersebut. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading