Sukses

Food

5 Resep Olahan Bahan-Bahan Dapur Redakan Pilek Paling Ampuh

Fimela.com, Jakarta Saat pilek menyerang, aktivitas sehari-hari menjadi terhambat. Hidung akan tersumbat dan membuat tidak nyaman untuk melakukan kegiatan. Pilek merupakan keadaan ketika hidung mengeluarkan lendir yang diproduksi oleh saluran udara dalam hidung yang disebut dengan sinus. 

Penyebab pilek bermacam-macam, ada yang disebabkan oleh alergi, infeksi bakteri, dan udara yang dingin. Selain itu, pilek juga dapat terjadi karena paparan virus yang menginfeksi area hidung dan tenggorokan. 

Orang yang mengalami pilek biasanya mengalami gejala hidung tersumbat, bersin-bersin, dan hidung yang berair. Untuk menangani pilek biasanya akan diberikan obat yang mengandung paracetamol dan ibuprofen. Namun, untuk mengatasi pilek kita juga bisa menggunakan obat herbal yang bahannya berasal dari bahan-bahan dapur.

Berikut adalah bahan-bahan dapur yang secara ampuh dapat meredakan pilek yang dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (1/11/2023)

Madu

Madu adalah obat rumahan yang populer untuk pilek di berbagai budaya. Madu juga terbukti mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.Mengutip dari Very Well Health, madu memiliki memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang memungkinkannya untuk melawan beberapa bakteri dan virus. 

Cara mengolah madu untuk obat pereda pilek sangat mudah. Madu dapat langsung diminum atau dapat dicampurkan dengan segelas air panas. Selain itu, dapat juga ditambahkan lemon sebagai penambah vitamin C. Vitamin C sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh supaya tetap sehat. Banyak orang percaya bahwa vitamin ini dapat membantu mengurangi frekuensi pilek.

Air Garam

Garam juga dapat membantu meredakan gejala pilek. Larutan air garam dapat membantu mencairkan lendir yang menempel di hidung dan tenggorokan. Garam sebagai obat herbal pereda pilek dapat dilarutkan ke dalam air terlebih dahulu.

Sediakan segelas air hangat kemudian masukkan ¼ hingga ½ sendok teh garam tersebut ke dalam air. Aduk dan larutkan garam di dalam air. Setelah itu, kumur dengan menggunakan air garam yang sudah diracik. 

Bawang Putih

Bawang putih dapat membantu melawan flu biasa karena memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Melansir dari Medical News Today, salah satu penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen bawang putih setiap hari selama 3 bulan mengalami lebih sedikit pilek.

Bawang putih telah lama menjadi obat rumahan untuk pilek dan flu. Orang dapat makan bawang putih mentah atau memasukkan bawang putih yang sudah dimasak ke dalam makanan seperti sup. Selama tidak memiliki alergi terhadap bawang putih, bahan ini ampuh untuk meredakan pilek

Daun Mint

Daun mint mengandung menthol yang dapat meredakan gejala pilek seperti hidung tersumbat. Mentol memiliki efek antibakteri dan pereda nyeri dan merupakan bahan dalam banyak obat gosok uap. Ekstrak dari daun mint mirip seperti dekongesten, obat yang dapat membantu mencairkan lendir penyebab mampet. 

Cara penggunaan daun mint untuk meredakan pilek adalah dengan menambahkan daun mintl ke dalam air panas untuk menghirup uap. Selain itu daun mint dapat dicampurkan ke dalam minuman hangat seperti teh.

Jahe

Mudah didapatkan di pasar hingga warung terdekat, jahe juga merupakan bahan dapur yang dapat membantu meredakan pilek. Akar jahe digunakan di pengobatan tradisional India dan China untuk mengobati gejala ringan seperti pilek dengan cairan hidung yang jernih, sakit kepala, dan batuk. 

Menambahkan jahe ke dalam teh panas adalah cara yang populer untuk membuat ramuan herbal pereda pilek. Madu dan lemon juga dapat ditambahkan ke dalam teh jahe tersebut. 

Bagaimana Cara Meredakan Pilek?

Hal yang dapat dilakukan untuk meredakan pilek adalah dengan mengonsumsi obat-obatan dan minuman hangat. Selain itu, jaga tubuh supaya tetap terhidrasi dan hangat.

Pilek Obat Alaminya Apa?

Teh herbal seperti teh jahe dan teh hijau dapat meredakan gejala pilek dan flu. 

Bagaimana Cara Biar Pilek Cepat Sembuh?

Supaya pilek cepat teratasi, beberapa hal dapat dilakukan seperti istirahat yang cukup, menghidrasi tubuh dengan memperbanyak minum air putih, dan minum obat. 

Apa Obat Pilek Alami untuk Anak?

Jahe, madu, teh hijau, air lemon hangat dapat menjadi obat pilek alami bagi anak. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading