Sukses

Food

5 Resep Jamu yang Bisa Jadi Obat Batuk Kering Paling Ampuh

Fimela.com, Jakarta Batuk kering adalah batuk yang tidak mengeluarkan lendir seperti batuk basah atau batuk produktif. Pada batuk kering, mungkin akan dirasa gatal atau menggelitik di bagian belakang tenggorokan akibat iritasi saraf di saluran pernapasan.

Untuk mengatasi batuk kering caranya bergantung pada penyebabnya. Hal ini dapat mencakup alergi, infeksi, refluks asam lambung, asma, dan lendir hidung. Salah satu cara untuk mengobati batuk kering dapat menggunakan jamu atau ramuan herbal yang bisa diracik sendiri di rumah.

Seperti dilansir dari Tua Saúde pada Senin (1/11/2023), beberapa resep ini dapat dicoba di rumah.

Sirup Wortel

Ramuan buatan sendiri yang bagus untuk mengatasi batuk kering adalah sirup wortel. Sirup wortel membantu meredakan batuk dengan melumasi tenggorokan dan mengurangi iritasi. 

Bahan-bahan:

1 wortel ukuran sedang

1 sendok makan gula merah

1 sendok makan madu

Setengah buah lemon yang sudah dijus

Cara membuat:

Pertama-tama, cuci wortel dan potong tipis. Kemudian masukkan ke dalam toples kaca dan tambahkan jus lemon, madu dan gula. Aduk rata dengan sendok. Kencangkan tutup toples dan biarkan meresap selama sehari pada suhu kamar. Ramuan ini dapat diminum dua kali sehari dengan takaran satu sendok teh. 

Sirup wortel tidak dianjurkan untuk anak berusia di bawah 2 tahun atau yang memiliki alergi madu. Sirup wortel juga tidak boleh dikonsumsi oleh pasien dengan intoleransi fruktosa atau sindrom usus. 

Sirup Oregano

Oregano mengandung sifat antitusif yang mampu meredakan batuk kering. Berikut bahan dan cara membuat sirup oregano di rumah.

Bahan:

1 sendok makan madu  

1 sendok teh oregano 

Cara Membuat:

Campur bahan-bahan dalam toples kaca dan masukkan ke dalam microwave selama 10 detik. Setelah itu, tunggu ramuan hingga dingin dan minum 2 hingga 3 kali sehari.

Sirup ini tidak dianjurkan untuk mereka yang memiliki alergi oregano, atau untuk wanita yang sedang hamil atau menyusui. Anak usia di bawah 2 tahun juga tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi ramuan ini.

Sirup Jahe dan Lemon

Sirup jahe dan lemon dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi iritasi tenggorokan untuk meredakan batuk. Bahan dan cara membuat sirup jahe dan lemon pun juga sangat mudah. 

Bahan:

250 mL (sekitar 1 cangkir) air

1 sendok makan jus lemon

1 sendok makan jahe parut segar 

1 sendok makan gula merah 

Cara membuat:

Masukkan air dan gula ke dalam panci, panaskan gula hingga mendidih. Aduk terus sampai gula larut sepenuhnya. Kemudian angkat dan tambahkan jahe. Tutup panci dan tunggu hingga dingin. Pindahkan ke dalam toples kaca, tambahkan jus lemon dan aduk rata. Ramuan ini dapat dikonsumsi sebanyak 1 sendok teh sirup 3 kali sehari. 

Orang dengan riwayat batu kandung empedu, obat antikoagulan, tekanan darah tinggi atau diabetes serta oleh wanita hamil tidak dianjurkan meminum ramuan jahe dan lemon.

Sirup Echinacea

Echinacea kaya akan kandungan anti alergi, antioksidan, anti inflamasi, dan senyawa yang merangsang kekebalan tubuh. Tanaman ini dapat digunakan untuk meredakan gejala yang berhubungan dengan flu, alergi, dan pilek seperti hidung tersumbat dan batuk kering.

Bahan:

300 mL air 

2 sendok teh akar echinacea 

2 sendok makan gula merah

Cara Membuat:

Tuang gula ke dalam panci dan panaskan hingga mulai meleleh di sekelilingnya. Setelah itu, tambahkan akar echinacea dan air, dan biarkan mendidih selama 10 menit. Tunggu hingga dingin lalu saring. Sirup echinacea dapat diminum sebanyak 1 sendok makan hingga 3 kali sehari. 

Penderita diabetes harus berhati-hati saat mengonsumsi sirup echinacea. Sirup ini tidak dianjurkan untuk anak-anak, wanita hamil atau wanita menyusui. Ramuan ini juga tidak disarankan bagi mereka yang menderita tuberkulosis, leukemia, multiple sclerosis, atau penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis, lupus atau psoriasis. 

Ramuan Tradisional Cina

Selain sirup-sirup yang berbahan wortel, oregano, jahe, lemon, dan echicanea, terdapat resep ramuan tradisional Cina yang ampuh untuk atasi batuk kering. Mengutip dari Whole Roots Health, ini dia resepnya. 

Bahan:

1 buah pir besar yang sudah matang 

Chuan Bei Mu (umbi Fritillaria) sekitar 10 gram 

1 sendok teh madu

Cara Membuat:

Cuci buah pir dan jangan mengupasnya. Potong bagian atas pir dan buang bagian tengahnya, buat lubang tetapi biarkan bawahnya tetap utuh. Kemudian giling Chuan Bei Mu menjadi bubuk, bubuk tersebut lalu dimasukkan ke dalam lubang di buah pir dan tambahkan madu secukupnya. Pasadang kembali bagian atas dan kukus pir sekitar 30-40 menit atau sampai lunak

Batuk Kering dan Gatal Obatnya Apa?

Batuk kering dapat diatasi dengan beberapa cara seperti meminum madu, kumur dengan air garam, meminum teh panas yang dicampur lemon madu, dan konsumsi obat.

Apa Obat Tradisional untuk Batuk Kering?

Obat tradisional untuk batuk kering dapat menggunakan jahe, kunyit, daun mint, madu, dan lemon.

Apa yang Harus Dihindari saat Batuk Kering?

Hindari makanan berminyak seperti gorengan saat mengalami batuk kering. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading