Sukses

Food

5 Olahan Bahan Dapur Obat Gatal Alami Paling Ampuh

Fimela.com, Jakarta Rasa gatal membuat tidak nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Ketika digaruk, rasa gatal memang akan menghilang untuk sementara. Akan tetapi, sensasi panas di kulit yang muncul setelah menggaruk area yang gatal terkadang panas dan menyakitkan. 

Penyebab gatal sangatlah banyak, dari gigitan serangga, alergi, hingga kondisi medis tertentu. Tentunya, rasa gatal tersebut harus cepat diatasi supaya tidak makin parah.

Pengobatan secara medis dengan obat-obatan dapat membantu menghilangkan gatal, tetapi perlu diketahui bahwa beberapa bahan dapur dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gatal secara ampuh. Apa saja bahan dapur tersebut? Cek daftarnya di bawah. 

Collodial Oatmeal

Collodial oatmeal adalah oatmeal yang ditumbuk halus dan dilarutkan dalam air. Larutan yang dihasilkan membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit yang membantu mengunci kelembapan. Oatmeal koloid dapat membantu meredakan kekeringan dan gatal-gatal. Oatmeal koloid juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang keduanya membantu mengurangi iritasi kulit.

Melansir Medical News Today, penelitian menemukan bahwa collodial oatmeal mengurangi kekeringan, kekasaran, dan intensitas gatal. Collodial oatmeal tersedia secara luas dalam bentuk krim dan losion. Sebagai alternatif untuk dilakukan di rumah, bahan ini dapat ditumbuk halus dan masukkan bubuk yang sudah ditumbuk ke air mandi.Kemudian, gosokkan secara lembut dan perlahan pada area yang gatal.

Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat, yang telah digunakan orang selama ribuan tahun sebagai disinfektan dan antiseptik luka alami. Selain itu, cuka apel mengandung enzim tertentu yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit. Sifat anti-inflamasi yang dimilikinya mampu mengurangi gejala gatal, sementara sifat antimikrobanya bisa mencegah infeksi

Cara menggunakan cuka apel sebagai obat gatal juga sangat mudah, tambahkan dua cangkir cuka apel ke dalam air mandi dan berendamlah selama 15 hingga 20 menit. Perlu diperhatikan bahwa cuka dapat menyebabkan sensasi terbakar pada luka terbuka. Orang dengan kulit pecah-pecah dan berdarah harus menghindari perawatan alami dengan cuka apel.

Baking Soda

Selain digunakan untuk membuat kue, baking soda atau soda kue juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gatal. Soda kue memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan dan rasa gatal pada kulit. Sifat basa dari soda kue juga bertindak sebagai penetral asam alami, yang dapat membantu menenangkan kulit. 

Hal yang bisa dilakukan untuk mengobati gatal dengan baking soda adalah dengan menambahkan secangkir soda kue ke dalam air mandi dan biarkan larut.Kemudian, rendamkan diri di dalam air selama 15 hingga 20 menit. Penggunaan baking soda juga berbahaya jika dipakai pada luka terbuka.

Minyak Wijen

Mengutip StyleCraze, minyak wijen kaya akan sumber antioksidan yang sangat bagus untuk kulit. Minyak ini juga dikenal dengan sifatnya yang mampu mengurangi peradangan yang terbukti sangat bermanfaat dalam menenangkan kemerahan dan gatal pada kulit.

Selain mudah didapatkan, cara memakai minyak wijen untuk meredakan gatal juga mudah. Oleskan minyak wijen ke area yang gatal setelah mandi atau bisa juga dengan memijit seluruh badan yang telah diolesi minyak wijen. 

Daun Mint

Daun mint mengandung mentol yang memiliki efek mendinginkan dan dapat membantu meredakan rasa sakit dan gatal. Menthol jugal memiliki sifat anti-inflamasi dan anestesi yang bermanfaat  dalam menghilangkan kulit yang gatal dan meradang.

Untuk menggunakan daun mint sebagai obat herbal mengatasi gatal, diperlukan 500 mL air dan bola kapas. Cara mengolahnya adalah dengan mendidihkan daun mint di dalam air sesuai takaran. Setelah larutan menjadi dingin, rendam dan saring bola kapas di dalam larutan lalu oleskan ke bagian yang gatal.

Apa Obat Gatal Alami yang Paling Ampuh?

Beberapa bahan alami ini dapat menjadi petolongan pertama untuk mengatasi gatal. Bahan tersebut antara lain adalah oatmeal, kunyit, lidah buaya, madu, dan minyak kelapa.

Bagaimana agar Gatal Cepat Sembuh?

Cara-cara untuk meredakan gatal di kulit bisa dengan mandi air dingin, menggunakan gel aloe vera, mandi oatmeal, menggunakan salep gatal, dan tidak menggaruk bagian yang gatal.

Makanan Apa Saja yang Tidak Boleh Dimakan Saat Gatal-Gatal?

Hindari untuk mengonsumsi makanan yang terbuat dari gandum, seperti rot dan tepung saat kulit gatal.

Daun Apa yang Bisa Menyembuhkan Gatal-Gatal pada Kulit?

Daun sirih diketahui dapat meredakan rasa gatal pada kulit. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading