Sukses

Food

5 Bahan-Bahan Dapur Bisa Jadi Salep Gatal Paling Ampuh

Fimela.com, Jakarta Rasa gatal pada kulit adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum dialami oleh banyak orang. Rasanya sangat mengganggu dan terkadang bahkan menyakitkan, terutama jika menggaruknya secara terus-menerus. 

Meskipun saat ini banyak produk perawatan kulit yang tersedia di pasaran, tidak jarang bahwa bahan-bahan di dapur ternyata bisa dijadikan solusi sebagai obat alami yang efektif dan paling ampuh untuk mengatasi masalah ini. 

Lima bahan dapur ini dapat dimanfaatkan untuk menjadi salep gatal alami yang ampuh. Dengan menggunakan bahan-bahan alami ini, setidaknya dapat meredakan rasa gatal pada kulit tanpa harus mengandalkan produk kimia. 

Jadi, simak informasi selengkapnya untuk mengetahui bahan dapur apa saja yang dapat mengatasi kulit yang gatal, dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (2/11/2023).

1. Kunyit

Menurut laporan dari Health Line, kunyit mengandung zat kurkumin yang berperan sebagai penghilang penyumbatan yang dapat meredakan berbagai gejala alergi.

Sifat antibakteri dan anti-inflamasi kunyit juga akan menjaga dan memelihara semua senyawa sehat yang ada di dalam tubuh.

Untuk menggunakannya, cukup mencampurkan dua potong akar kunyit ukuran sedang dengan air perasan dari satu buah lemon, dan satu sendok teh madu.

Kemudian, campuran tersebut diaduk hingga membentuk pasta yang bisa langsung dioleskan pada area yang gatal.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu bahan alami yang telah dikenal secara luas karena kemampuannya dalam merawat kulit yang gatal dan kering. Kandungan alami yang terdapat dalam minyak kelapa memiliki sifat antivirus, antiradang, dan antibakteri, sehingga menjadikannya pilihan yang sangat menjanjikan dalam mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk gatal-gatal.

Anda dapat dengan mudah menggunakannya dengan cara mengoleskan minyak kelapa ke area kulit yang gatal, dan dilakukan secara rutin. Minyak kelapa akan membantu mengurangi peradangan dan rasa gatal, serta memberikan sensasi kenyamanan pada kulit Anda.

3. Daun Peppermint

Daun peppermint, dengan aroma segar dan sifat menyejukkan yang khas, merupakan salah satu solusi alami yang efektif dalam mengatasi rasa gatal pada kulit.

Menggunakan daun peppermint sebagai obat gatal alami dapat dilakukan dengan mencampurkan minyak daun peppermint dengan pelembab yang biasa Anda gunakan sebagai obat gatal tradisional. Jangan mengoleskannya secara langsung karena itu akan memicu sensasi panas terbakar.

4. Daun Kemangi

Daun kemangi dikenal mengandung bahan-bahan anti-gatal seperti kapur barus dan thymol. Daun kemangi mampu mengurangi dorongan untuk menggaruk bagian kulit yang gatal, sehingga cocok digunakan sebagai obat alami untuk gatal.

Dengan sifat antimikroba dan antibakteri yang dimilikinya, daun kemangi efektif dalam mengatasi beberapa jenis ruam merah pada kulit, termasuk psoriasis dan panu. 

Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan daun kemangi yang telah dihaluskan pada area kulit yang bermasalah, lalu biarkan selama sekitar tiga puluh menit.

5. Daun Sirih

Daun sirih mengandung senyawa chavicol para allyphenol yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Oleh karena itu, daun sirih cocok digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gatal. 

Penggunaannya sangat simpel, yaitu dengan menghancurkan beberapa lembar daun sirih dan sedikit kunyit hingga halus. Kemudian, tempelkan campuran daun sirih dan kunyit ini pada area kulit yang dirasa gatal selama 20 menit. Lakukan tindakan ini hingga tiga kali sehari secara rutin untuk membantu meredakan gatal-gatal.

Apa Penyebab Gatal Pada Kulit yang Tak Kunjung Sembuh?

Gatal pada kulit yang tak kunjung mereda atau berlangsung dalam jangka waktu yang lama dapat disebabkan oleh gangguan pada sistem saraf. Beberapa kondisi gangguan saraf yang dapat menyebabkan gatal-gatal di antaranya neurodermatitis, herpes zoster, multiple sclerosis, dan stroke.

Apa Obat Alami Untuk Gatal-Gatal Pada Kulit?

Obat gatal pada kulit dari bahan alami seperti lidah buaya, madu, cuka apel, daun pegagan, es batu dan oatmeal juga bisa dicoba untuk mengurangi gejala gatal pada kulit.

Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Rasa Gatal?

Minyak kayu putih, selain bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, juga memiliki potensi untuk meredakan hidung tersumbat selama masa pilek. Selain itu, minyak kayu putih memiliki sifat antiseptik dan analgesik yang berguna dalam mengatasi peradangan pada kulit dan mengurangi rasa gatal pada kulit.

Berapa Lama Gatal Akan Hilang?

Ruam, gatal, serta kemerahan pada kulit bisa menetap dalam rentang waktu 2 hingga 4 minggu, bergantung pada tingkat keparahannya. Disarankan untuk mendiskusikan gejala ini dengan dokter apabila gejala tersebut mulai mengganggu kualitas hidup Anda atau semakin memburuk.

Kenapa Semakin di Garuk Semakin Gatal?

“Kalau alergi dalam bentuk gatal, makin kita garuk, makin parah. Kalau digaruk, sel massa yang mengandung histamin makin pecah, tambah banyak histaminnya. Makanya digaruk makin tambah gatal,” jelas dokter Zaki dikutip dari siaran IGTV Ayahbunda, Rabu (7/10/2020).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading